Naturally SpeakingNaturally Speaking
tips, Dec 2023
perawatan rambut untuk rambut rontok

Perawatan Rambut untuk Rambut Rontok yang Paling Ampuh, Coba di Sini!

Semua orang pasti setuju bahwa memiliki rambut yang mudah rontok adalah salah satu hal yang paling menyebalkan. Bagaimana tidak, kerontokan rambut yang terus-menerus terjadi dapat berujung pada penipisan rambut, bahkan kebotakan. Meskipun kerap dianggap normal, kerontokan rambut tidak boleh dianggap sepele karena kondisi ini juga bisa berkaitan dengan kondisi kesehatanmu.

Penyebab Rambut Rontok Berlebihan

Kerontokan rambut bisa diakibatkan oleh berbagai faktor, seperti genetik, kondisi kesehatan, penggunaan alat styling rambut yang berlebihan, paparan zat kimia pada rambut, dan kebiasaan-kebiasaan tertentu saat menata rambut.

  • Genetik

Faktor keturunan adalah penyebab paling umum dari rambut rontok. Rontoknya rambut karena faktor keturunan ini disebut dengan alopecia androgenetik, kondisi di mana folikel rambut menjadi sensitif terhadap hormon androgen. Alopecia androgenetik dapat dialami laki-laki maupun perempuan, tetapi lebih sering terjadi pada laki-laki.

  • Perubahan hormon

Kondisi ini dapat terjadi selama kehamilan, persalinan, menopause, dan penggunaan kontrasepsi oral. Kerontokan rambut akibat perubahan hormon ini biasanya bersifat sementara.

  • Gejala beberapa penyakit

Jika kerontokan rambut bertambah parah, bisa jadi hal tersebut merupakan gejala beberapa penyakit, seperti tiroid dan anemia. 

  • Penggunaan alat styling rambut

Alat penata rambut seperti hair dryer, catokan, dan pengeriting rambut menghasilkan panas yang dapat merusak rambut. Panas yang berlebihan dapat membuat rambut menjadi kering, rapuh, dan mudah patah.

  • Paparan zat kimia pada rambut

Zat kimia seperti pewarna rambut dapat merusak rambut dan menyebabkan rambut menjadi kering dan mudah patah. Selain pewarna rambut, pemakaian obat smoothing dan hair curl cream juga bisa membuat rambut menjadi rapuh dan rontok.

  • Kebiasaan saat menata rambut

Terlihat sepele, ternyata kebiasaan saat menata rambut seperti mengikatnya terlalu kencang bisa membuat folikel rambut rusak, lho! Akibatnya, rambut menjadi lebih mudah rontok. Tidak hanya itu, menyisir rambut saat basah juga menyebabkan kerontokan. Rambut yang basah lebih rentan terhadap kerusakan daripada rambut yang kering karena memiliki kadar air yang tinggi, sehingga membuatnya lebih lemah dan mudah patah.

 

Berbagai penyebab kerontokan rambut di atas ada yang bisa dikendalikan, namun ada juga yang bersifat tidak bisa dikendalikan, seperti faktor genetik. Tenang, tidak perlu khawatir berlebihan karena kamu bisa meminimalkan kerontokan rambut dengan melakukan hair care untuk rambut rontok yang tepat.

Perawatan Rambut untuk Rambut Rontok yang Bisa Dilakukan di Rumah

Tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk treatment di salon karena kamu bisa melakukan perawatan rambut rontok sendiri di rumah dengan cara yang sederhana. Yuk, simak tips hair loss treatment dengan bujet yang terjangkau agar rambut lebih sehat dan tidak mudah rontok!

  • Gunakan minyak zaitun

Minyak zaitun kaya akan vitamin E, vitamin K, dan asam lemak tak jenuh tunggal yang dapat melindungi rambut dari kerusakan akibat radikal bebas, memperkuat akar rambut, dan melembapkan rambut. Kamu bisa menggunakan minyak zaitun sebagai masker dengan cara mengoleskannya secara menyeluruh ke kulit kepala dan helaian rambut. Pijat secara perlahan, diamkan selama 30 menit, lalu bilas hingga bersih.

  • Manfaatkan yoghurt

Sama seperti minyak zaitun, yoghurt juga dapat dijadikan masker alami yang berfungsi mengurangi kerontokan rambut.  Yoghurt mengandung protein, kalsium, dan vitamin B yang dapat menjaga kesehatan kulit kepala, membantu memperkuat akar rambut, dan mencegah rambut rontok. Penggunaannya juga sangat praktis. Ambil plain yogurt secukupnya dan oleskan ke rambut secara merata, lalu pijat perlahan. Diamkan selama 30 menit, bilas dengan air bersih, dan lanjutkan dengan hair care routineselanjutnya.

  • Hindari keramas setiap hari

Asumsi bahwa keramas setiap hari dapat membuat rambut lebih sehat dan kuat ternyata salah besar, lho! Keramas setiap hari justru dapat membuat rambut menjadi lebih kering dan mudah patah. Untuk meminimalkan kerontokan rambut, kamu cukup keramas dua atau tiga kali dalam seminggu.

  • Ubah kebiasaan saat menata rambut

Hindari langsung menyisir rambut dalam keadaan basah karena dapat memperburuk kerontokan rambut. Sebagai solusinya, sisirlah rambutmu dalam kondisi kering setelah dikeringkan menggunakan hair dryer. Menyisir rambut juga tidak perlu dilakukan terlalu sering karena membuat rambut lebih mudah patah. Jika kamu perlu mengikat rambut, maka gunakanlah hair scrunchies berbahan satin daripada ikat rambut biasa karena lembut, sehingga tidak membuat rambut kusut dan mudah rontok.

  • Gunakan serum rambut

Penggunaan hair care product, terutama serum rambut tentu tidak boleh diabaikan dalam rangkaian perawatan rambut untuk rambut rontok. Serum rambut mengandung bahan-bahan yang dapat membantu memperkuat akar rambut dan melindungi rambut dari kerusakan, seperti biotin.

Naturally Speaking Silky Coconut Moisturizing Hair Serum, Efektif Atasi Kerontokan

Atasi masalah rambut rontok, rusak, dan kering dengan 10 in 1 hair serum dari Naturally Speaking satu ini. Terbuat dari minyak kelapa, minyak zaitun, ekstrak jahe dan teh hijau, serta kandungan biotin membuatmu bisa merasakan beberapa manfaat hair serum sekaligus. Menggunakan produk ini secara rutin dapat melembapkan, melindungi rambut dari kerusakan, dan membuat rambut lebih lembut. Berdasarkan uji in vitro, serum rambut ini efektif meningkatkan pertumbuhan rambut sebanyak 1-3%, mengurangi 78% risiko kerusakan rambut akibat penggunaanalat hair styling, dan mengurangi 19% rambut patah.

Cara menggunakannya juga mudah, cukup aplikasikan serum pada rambut yang masih lembap dari batang hingga ujung rambut, lalu biarkan selama dua hingga tiga menit sebelum dikeringkan dengan hair dryer.Hair serum ini juga bisa kamu gunakan sebelum menggunakan alat hair styling seperti catokan karena dapat melindungi rambut dari panas alat tersebut. Perlu diingat bahwa panas dari alat hair styling merupakan salah satu penyebab kerontokan, sebab itu kamu harus memastikan bahwa rambut telah mendapat perlindungan ekstra sebelum ditata.

Selain efektif membuat rambut lebih sehat dan kuat, serum ini juga memiliki wangi yang tahan lama dan mampu mengembalikan kilau rambutmu, lho! Kemasannya yang praktis membuat produk satu ini cocok dibawa bepergian. Agar hasilnya lebih maksimal, gunakan pula produk perawatan rambut dari Naturally Speaking lainnya. Untuk informasi lainnya, kunjungi halaman produk Silky Coconut Moisturizing Hair Serum di sini dan segera beli produknya di e-commerce kesayanganmu

Bagikan Artikel
  • Facebook
  • Twitter