Naturally SpeakingNaturally Speaking
product, Nov 2023
langkah perawatan rambut di rumah

7 Langkah Perawatan Rambut di Rumah, Bikin Rambut Shiny dalam Sekejap!

Me time dengan menghabiskan waktu untuk hair treatment di salon memang sangat menyenangkan, terlebih setelah melewati rutinitas yang padat dan melelahkan. Kamu bisa mendapatkan rangkaian perawatan yang sesuai dengan kebutuhan rambutmu sambil dipijat selama beberapa jam. Sebagian orang bahkan rela merogoh kocek cukup dalam untuk perawatan di salon agar rambutnya indah, sehat, dan mudah diatur.

Apa Saja Ciri Rambut Sehat?

Memiliki rambut yang sehat adalah impian semua orang, terutama bagi para perempuan. Percaya atau tidak, kondisi rambut juga dapat memengaruhi mood-mu, lho!  Rambut yang sehat juga membantu melindungi kulit kepala dari iritasi dan infeksi. Oleb sebab itu, menjaga kesehatan rambut menjadi hal yang penting dilakukan oleh semua orang. Nah, apa saja, sih, ciri rambut sehat tersebut?

  • Tidak Mudah Patah
    Rambut sehat memiliki struktur yang kuat dan tahan terhadap kerusakan.
     
  • Berkilau Alami
    Rambut sehat memiliki kilau alami yang berasal dari kutikula yang sehat. Kutikula adalah lapisan luar rambut yang berfungsi untuk melindungi rambut dari kerusakan.
     
  • Kulit Kepala Sehat
    Kulit kepala yang sehat merupakan kunci untuk memiliki rambut yang sehat. Kulit kepala yang sehat tidak mengalami iritasi atau infeksi, tidak terasa gatal, dan tidak begitu berminyak.
     
  • Tidak Kering dan Kusam
    Rambut yang kering dan kusam biasanya terjadi karena rambut kekurangan kelembapan. Salah satu hal yang paling mudah dilakukan untuk mencegah kering dan kusamnya rambut adalah dengan tidak keramas setiap hari karena dapat menghilangkan minyak alami rambut.
     
  • Rambut Tidak Bercabang
    Rambut yang sehat adalah rambut yang tidak mudah bercabang. Rambut bercabang dapat disebabkan oleh beberapa hal, contohnya proses coloring dan panas dari alat styling rambut. Selain itu, ujung rambut juga mudah bercabang akibat kebiasaan tertentu, salah satunya adalah mengikat rambut dalam keadaan basah.

Lakukan perawatan rambut secara teratur untuk mendapatkan rambut sehat nan indah. Tenang, tidak perlu ke salon dan mengeluarkan biaya yang besar, kok, karena kamu bisa melakukan hair care routine sendiri di rumah.

Langkah Perawatan Rambut di Rumah

Salah satu keuntungan dari melakukan perawatan rambut di rumah adalah kamu bisa tetap mendapatkan hasil yang tidak kalah bagusnya dengan perawatan di salon menggunakan produk hair care berkualitas dan harganya affordable. Meski demikian, kamu harus tetap memperhatikan apakah produk yang akan digunakan sesuai dengan kondisi rambutmu, serta melakukan perawatan sesuai dengan urutan hair care routine yang benar.

 

Yuk, simak tujuh langkah perawatan rambut di rumah anti ribet agar rambut menjadi sehat dan mudah diatur berikut ini!

1. Sisir Rambut Terlebih Dahulu sebelum Keramas

Menyisir rambut sebelum keramas dapat membantu menghilangkan kusut, membuat rambut lebih mudah dibersihkan, dan mencegah kerontokan berlebih saat keramas. Selain itu, tahapan awal ini sangat penting dilakukan karena rambut yang tidak kusut dapat mendistribusikan produk hair care seperti sampo dan kondisioner secara merata. Sisirlah rambut secara perlahan agar rambut tidak mudah patah.

2. Keramas Menggunakan Air Dingin

Keramas menggunakan air hangat atau suhu yang terlalu panas merupakan salah satu pemicu rusaknya akar rambut. Hal tersebutlah yang membuat rambut mudah rontok dan kering. Nah, untuk menghindari kerusakan rambut, keramas dengan air dingin sangat dianjurkan karena dapat membantu mencegah kerontokan dan dapat menguatkan akar rambut. Selain itu, keramas dengan air dingin juga membantu melancarkan peredaran darah di kepala. Pastikan untuk keramas menggunakan sampo yang sesuai dengan kondisi rambutmu setiap 2-3 hari sekali, ya!

3. Aplikasikan Kondisioner ke Batang Rambut

Kondisioner berfungsi untuk melembapkan rambut dan membuatnya lebih mudah diatur. Aplikasikan kondisioner ke batang rambut dan hindari area kulit kepala untuk mencegah timbulnya ketombe. Diamkan selama 5 menit, lalu bilas hingga bersih.

4. Oleskan Hair Mask setelah Menggunakan Conditioner

Perbedaan hair mask dan conditioner yang paling mendasar terletak pada tingkat perawatannya. Hair mask berfungsi untuk memberikan perawatan yang lebih intensif daripada kondisioner. Hair mask biasanya mengandung bahan-bahan yang lebih kaya dan lebih aktif sehingga dapat memberikan manfaat yang lebih banyak untuk rambut.

Jika kamu memiliki rambut yang frizzy dan susah diatur, maka Slay Kiwi Conditioning Hair Mask dari Naturally Speaking adalah masker rambut yang wajib kamu coba! Terbuat dari ekstrak kiwi, hair mask ini dapat merawat rambut rusak dan memperkuat akarnya, rambut pun menjadi lebih sehat, lembut, dan berkilau. Setelah keramas, oleskan hair mask pada rambut dan kulit kepala secara merata sambil dipijat dengan lembut. Diamkan selama 2-5 menit, lalu bilas hingga bersih. Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa menggunakan hair mask ini 1-2 kali dalam seminggu.

5. Gunakan Hair Tonic

Setelah menggunakan hair mask dan membilasnya hingga bersih, tepuk-tepuk rambut menggunakan handuk untuk menyerap air. Gunakan hair tonic pada rambut dalam kondisi setengah kering sambil memijat kulit kepala dengan lembut untuk membantu penyerapannya. Penggunaan tonik pada rambut dapat memperkuat akar rambut, menutrisi kulit kepala, dan merangsang pertumbuhan rambut.

6. Gunakan Hair Serum

Sama seperti wajah, rambut juga memerlukan serum untuk menjaga kesehatan dan kecantikannya. Sederet manfaat hair serum seperti melembapkan, melindungi rambut dari kerusakan, membuat rambut lebih lembut, serta mengembalikan kilau rambut dapat kamu dapatkan hanya dengan satu produk yaitu Silky Coconut Moisturizing Hair Serum dari Naturally Speaking. Gunakan serum pada rambut yang masih lembap dari batang hingga ujung rambut, lalu biarkan selama 2-3 menit agar meresap sempurna sebelum mengeringkan rambut menggunakan hair dryer.

7. Semprotkan Hair Mist

Jika rambut sudah kering atau masih sedikit lembap, semprotkan hair mist pada rambut agar rambut lebih mudah diatur, harum, dan terasa lebih segar. Gunakan produk ini di seluruh bagian rambut dan ratakan menggunakan sisir atau jari secara perlahan. Pastikan untuk menyemprotkannya sebelum menggunakan alat styling rambut, ya!

Urutan perawatan rambut atau hair care yang benar penting dilakukan untuk memastikan bahwa setiap produk yang digunakan dapat bekerja secara optimal. Kesalahan dalam melakukan langkah perawatan rambut dapat mengurangi efektivitas produk hair care atau bahkan dapat merusak rambut.


Nah, siap untuk mendapatkan rambut idaman dengan perawatan sendiri di rumah? Selamat mencoba langkah-langkah hair care routine di atas, ya!

Bagikan Artikel
  • Facebook
  • Twitter