Naturally SpeakingNaturally Speaking
product, Dec 2023
Tips menggunakan scrub wajah

Tips Menggunakan Scrub Wajah, Hati-Hati Jangan Jadi Jerawatan!

Eksfoliasi adalah langkah yang penting karena dapat mengangkat sel-sel kulit mati dari wajah. Ada beberapa jenis eksoliasi yang bisa kamu lakukan, namun bisa dibilang, face scrubs atau scrub wajah adalah salah satu yang paling umum. 

Untuk mendapatkan manfaat face scrub yang terbaik dan memastikan kinerjanya efektif, tentu kamu perlu mengetahui tips menggunakan scrub wajah dengan benar. Jangan sampai salah, karena dapat mengiritasi kulit dan bahkan menimbulkan jerawat. 

Nah, apa saja tips menggunakan scrub wajah dengan tepat? Yuk, simak artikel ini hingga selesai!

Apa itu Face Scrub?

Face scrub atau scrub wajah adalah sebuah produk skincare yang berguna untuk mengeksfoliasi kulit dengan cara mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang menumpuk di permukaan kulit.

Eksfoliasi adalah langkah penting dalam skincare karena dapat mendorong regenerasi sel, mengatasi pori-pori yang tersumbat, dan membantu produk skincare agar dapat menyerap dengan baik ke dalam kulit.

Face scrub biasanya mengandung bahan seperti gula, garam, atau microbeads yang dapat menghilangkan kulit mati saat digosok atau dipijat di area kulit.

Jenis-Jenis Scrub Wajah

1. Physical Exfoliant

Physical exfoliant adalah scrub wajah yang menggunakan bahan-bahan seperti gula, garam, bubuk kopi, atau microbeads. Jenis face scrub ini berguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati di permukaan kulit agar wajah tampak lebih mulus.

Namun, bagi orang-orang dengan kulit sensitif, physical exfoliant memiliki kemungkinan untuk mengiritasi. Oleh karena itu, pemilik kulit sensitif disarankan untuk berhati-hati saat menggunakan physical exfoliant.

2. Chemical Exfoliant

Chemical exfoliant adalah jenis exfoliant yang menggunakan bahan-bahan kimia seperti alpha hydroxy acid (AHA) atau beta hydroxy acid (BHA) untuk meluruhkan sel-sel kulit mati. 

AHA, seperti glycolic acid, umumnya bekerja di permukaan kulit, sementara BHA, seperti salycilic acid, dapat menyerap lebih dalam ke pori-pori untuk membersihkan wajah secara menyeluruh.

Umumnya, chemical exfoliant lebih ringan dibanding physical exfoliant, sehingga lebih banyak disarankan untuk orang dengan kulit sensitif atau acne-prone.

Tips Menggunakan Scrub Wajah dengan Benar

1. Pilih jenis scrub wajah yang sesuai dengan kulitmu

Tips menggunakan scrub wajah dengan benar yang pertama adalah memilih produk  yang sesuai dengan kulit kita. Beda kulit, beda pula kebutuhannya. Kalau kamu memiliki kulit sensitif, pilihlah exfoliant yang lebih lembut, dengan partikel-partikel scrub yang lebih kecil dan tidak terlalu kasar.

2. Pakai dengan teratur

Scrub wajah sebaiknya berapa kali dalam seminggu? Sebetulnya, hal ini tergantung pada jenis kulit wajah kamu. 

Jika kulit wajahmu sensitif, maka kamu disarankan untuk menggunakan scrub wajah satu kali seminggu, sementara pemilik kulit normal atau berminyak bisa scrubbing sebanyak 2-3 kali dalam satu minggu.

Namun, hati-hati agar tidak overexfoliating atau mengeksfoliasi kulit secara berlebihan karena dapat menghilangkan minyak alami wajah dan berpotensi menimbulkan iritasi.

3. Persiapkan wajah

Tips menggunakan scrub wajah dengan benar selanjutnya adalah persiapkan wajah dengan baik sebelum scrubbing.

Pastikan kulit sudah bersih dan sedikit lembap agar scrub dapat diaplikasikan dengan lebih mudah dan dapat lebih mengeksfoliasi kulit. 

Gunakanlah cleanser yang ringan untuk menghapus segala make-up dan mengangkat kotoran sebelum mengaplikasikan scrub pada wajah.

4. Aplikasikan scrub secara perlahan

Saat menggunakan face scrub, aplikasikanlah ke wajah dengan perlahan. Pijat pelan-pelan dengan gerakan memutar. 

Hindari menggosok scrub terlalu keras, terutama untuk physical exfoliant, agar tidak melukai kulit wajah kita. Fokuslah pada area-area seperti dahi, hidung, dan dagu.

5. Bilas sampai bersih

Setelah memijat-mijat scrub ke seluruh wajah selama 1-2 menit, bilaslah wajah dengan bersih menggunakan air hangat. Pastikan semua sisa-sisa scrub sudah terbilas dengan bersih untuk mencegah timbulnya iritasi.

6. Pakai pelembap

Tips menggunakan scrub wajah dengan benar yang terakhir adalah jangan lupa pakai pelembap atau moisturizer. Hal ini berguna untuk mengembalikan kelembapan yang sempat hilang saat eksfoliasi, sehingga kulit tetap sehat dan ternutrisi.

Scrub wajah memang memiliki banyak manfaat, seperti membuat kulit mulus dan cerah. Namun, agar dapat benar-benar merasakan manfaatnya, tentu kita harus menggunakan produk satu ini dengan benar dan tepat.

Dengan menggunakan face scrub sesuai anjuran, kamu bisa mendapatkan kulit yang lebih sehat dan glowing. Nah, kalau kamu mencari face scrub terbaik yang bisa membuat wajah terasa lebih lembut dan cerah, coba Charming Dragon Fruit Face Scrub dari Naturally Speaking by ERHA!

Mengandung ekstrak buah naga, ekstrak calendula, dan niacinamide, face scrub ini dapat meningkatkan kesehatan wajah, mencerahkan kulit, sembari menjaga kelembapan kulit agar tidak dehidrasi. 

Jadi, apalagi yang kamu tunggu? Yuk, langsung saja check out produknya sekarang!

Bagikan Artikel
  • Facebook
  • Twitter