Naturally SpeakingNaturally Speaking
product, Apr 2024
cara alami merawat kulit tubuh kering

Kulit Tubuh Kamu Kering? Yuk, Coba Cara Alami Ini!

Kulit kering merupakan masalah yang cukup umum, terutama saat musim kemarau atau ketika kamu berada di daerah dengan cuaca dingin. Memiliki kulit yang kering dapat menimbulkan rasa gatal, membuat kulit menjadi kasar, dan pecah-pecah. Jika kamu mengalami masalah ini, jangan khawatir! Ada banyak cara alami yang dapat membantu melembapkan kulit dan membuatnya kembali sehat dan halus.

Apa Saja Penyebab Kulit Tubuh Kering?

Kondisi kulit yang kering ini sebenarnya dapat terjadi di bagian tubuh mana saja, tetapi paling sering terjadi di area tangan, kaki, dan wajah. Nah, sebelum membahas cara mengatasi kulit kering, kamu harus mengetahui terlebih dahulu faktor yang membuat kondisi tersebut terjadi. 

  • Faktor lingkungan

Udara kering dengan kelembapan yang rendah dapat menarik air dari kulit, sehingga kulit menjadi kering dan dehidrasi. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kondisi ini kerap terjadi saat musim kemarau atau ketika kamu berada di daerah dengan cuaca dingin. Tidak hanya itu, terlalu lama berada di ruangan ber-AC juga memicu kulit menjadi cepat kering. 

  • Faktor gaya hidup

Para perokok cenderung lebih gampang mengalami kondisi kulit kering karena merokok dapat merusak kolagen dan elastin di kulit. Akibatnya, kulit menjadi cepat kering dan keriput. Selain itu, konsumsi minuman alkohol dan kurang minum air putih juga dapat mengakibatkan dehidrasi kulit, sehingga membuatnya kering dan kusam. Masalah kulit kering juga dapat muncul akibat penggunaan sabun mandi tanpa kandungan moisturizer, apalagi jika kamu selalu mandi dengan air panas.

  • Faktor hormonal dan kondisi medis tertentu

Perubahan hormon, seperti saat pubertas, kehamilan, menopause, dan menstruasi, dapat menyebabkan kulit kering. Beberapa kondisi medis, seperti eksim, psoriasis, dan diabetes juga bisa membuat kulit menjadi kering, bahkan gatal.

5 Cara Alami Merawat Kulit Tubuh Kering

Mengalami kondisi kulit kering memang bisa mengganggu aktivitas dan membuat tidak nyaman, apalagi jika disertai rasa gatal. Untungnya, ada beberapa cara alami yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kulit kering.

  • Gunakan sabun mandi dengan kandungan moisturizer

Pemilihan sabun mandi tidak boleh dilakukan asal-asalan, mengingat sabun dibuat menggunakan formula yang berbeda sesuai jenis kulit. Nah, untuk kulit kering, penggunaan sabun mandi dengan label moisturizing sangat dianjurkan. Mandilah secara rutin dua kali sehari dan jangan terlalu sering mandi menggunakan air panas.

  • Penuhi asupan air putih harian

Minum air putih sekitar dua liter per hari adalah cara paling sederhana untuk mengatasi kulit kering dari dalam. Ketika kulit terhidrasi dengan baik, maka kulit akan terlihat lebih lembap dan kenyal. Memenuhi asupan air putih harian juga dapat membantu meningkatkan produksi kolagen, yaitu protein yang membantu menjaga kulit tetap kenyal dan elastis. Minum air putih yang cukup juga membantu membuang racun dari tubuh. Perlu diingat bahwa racun yang terkumpul di dalam tubuh dapat menyebabkan kulit kering dan kusam.

  • Gunakan minyak kelapa atau minyak zaitun

Minyak kelapa dan minyak zaitun dikenal dengan manfaatnya untuk melembapkan kulit. Minyak kelapa kaya akan asam lemak yang membantu melembapkan kulit, sedangkan minyak zaitun memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang membantu melembapkan dan menenangkan kulit. Kamu bisa mengoleskan minyak kelapa atau zaitun pada area kulit yang kering setelah mandi atau sebelum tidur.

  • Konsumsi makanan sehat

Selain minum air putih dua liter per hari, penuhi pula asupan makanan sehat harianmu untuk mengembalikan kelembapan alami kulit. Ikan salmon dan buah alpukat adalah beberapa makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi para pemilik kulit kering. Ikan salmon kaya akan asam lemak omega-3 yang dapat menjaga kulit tetap terhidrasi, elastis, serta membantu mengurangi peradangan. Sementara itu, alpukat kaya akan lemak sehat, vitamin E, dan antioksidan. Mengonsumsi alpukat setiap hari membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dan melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

  • Gunakan lotion untuk kulit kering

Kulit kering kekurangan minyak alami yang membuatnya terasa kasar, bersisik, dan mudah gatal. Body lotion membantu melembapkan kulit dengan kandungan bahan-bahan seperti shea butter, cocoa butter, dan hyaluronic acid yang dapat menarik dan mengunci air di dalam kulit.

Naturally Speaking Joy Mangosteen Refreshing Body Lotion, Rekomendasi Lotion untuk Kulit Kering

Mendambakan kulit lembap dan awet muda? Joy Mangosteen Refreshing Body Lotion dari Naturally Speaking solusinya! Joy Mangosteen Refreshing Body Lotion adalah lotion yang terbuat dari ekstrak manggis, serta kombinasi antara niacinamide, calendula extract, aloe vera extract, dan gliserin yang efektif menjaga kelembapan dan menenangkan kulit. Kulit pun terasa lebih lembut, halus, serta terlindungi dari radikal bebas.

Ekstrak buah manggis yang kaya vitamin C dan E, membuat lotion ini siap memanjakan kulitmu dengan beragam manfaat. Manggis sendiri terkenal dengan kandungan xanthones, yaitu antioksidan unik yang hanya terdapat pada buah ini. Xanthones bekerja sebagai pelindung kulit yang ampuh memerangi radikal bebas penyebab kerusakan kulit akibat sinar matahari. Tidak hanya itu, xanthones juga membantu mengurangi peradangan, meningkatkan produksi kolagen, dan melawan tanda-tanda penuaan dini.

Gunakan Joy Mangosteen Refreshing Body Lotion dua kali sehari setelah mandi. Dapatkan kulit sehat, lembap, dan tampak lebih muda hanya dalam satu minggu. Kunjungi halaman produknya di sini dan gunakan rangkaian perawatan alami dari Naturally Speaking lainnya!

Bagikan Artikel
  • Facebook
  • Twitter