Naturally SpeakingNaturally Speaking
product, Nov 2023
perbedaan body cream dan body lotion

Tahukah Kamu Perbedaan Body Cream dan Body Lotion? Jangan Sampai Keliru!

Bicara soal perawatan kulit tubuh, satu produk yang paling sering digunakan adalah body lotion atau body cream. Dengan menggunakan body cream atau body lotion, kelembapan kulit bisa semakin terjaga. Namun, tahukah kamu apa perbedaan body cream dan body lotion

Sekilas, keduanya tampak sama-sama merupakan lotion pelembap kulit. Walau begitu, body lotion dan body cream sebenarnya memiliki formulasi yang berbeda dan dapat bermanfaat pula untuk beberapa kondisi tertentu.

Nah, untuk mengetahui perbedaan body cream dan body lotion, yuk, baca artikel di bawah ini!

Apa itu Body Lotion?

Lotion pelembap kulit atau body lotion adalah sebuah pelembap ringan yang umumnya mengandung lebih banyak air dibanding body cream. Biasanya, body lotion terbuat dari campuran air dan minyak.

Apa itu Body Cream?

Berbeda dengan body lotion, body cream memiliki konsistensi yang lebih kental dengan konsentrasi minyak yang lebih banyak. Ini karena body cream umumnya dibuat untuk melembapkan kulit yang lebih kering hingga dehidrasi. 

Perbedaan Body Cream dan Body Lotion

Nah, sesudah mengetahui definisi body cream dan body lotion, maka menentukan perbedaan antara keduanya pun akan semakin mudah. Berikut adalah perbedaan body cream dan body lotion:

1. Tekstur dan konsistensi

Body cream memiliki konsistensi yang lebih tebal dan kental karena diformulasikan dengan konsentrasi minyak dan butter yang lebih tinggi. 

Maka dari itu, body cream sangat cocok untuk orang-orang yang memiliki kulit yang sangat kering atau kulit yang dehidrasi.

Di sisi lain, body lotion memiliki tekstur yang lebih ringan dan cair. Produk ini lebih cocok untuk digunakan pemilik kulit normal atau agak kering, dan mudah untuk diaplikasikan setiap hari. 

2. Kemampuan menghidrasi

Jika kamu membutuhkan hidrasi yang lebih dan perlindungan ekstra untuk mencegah hilangnya kelembapan alami kulit, maka body cream adalah produk yang harus kamu gunakan. 

Body cream sangat efektif untuk merawat kulit yang sangat kering atau kulit yang sudah mulai mengalami tanda-tanda penuaan.

Namun, apabila kamu membutuhkan kelembapan tingkat sedang, maka kamu akan lebih cocok menggunakan body lotion

3. Bahan

Perbedaan body cream dan body lotion selanjutnya terletak pada bahan kandungan. Pada umumnya, body cream memiliki konsentrasi minyak dan emolien yang lebih tinggi, seperti shea butter atau cocoa butter

Sementara itu, body lotion memiliki kandungan air yang lebih tinggi dan biasanya menggunakan minyak yang lebih ringan, seperti minyak almond atau minyak jojoba. 

Beberapa lotion juga mungkin memiliki bahan-bahan tertentu, seperti aloe vera, gliserin, atau vitamin E untuk meningkatkan kemampuan hidrasi tanpa mengakibatkan sensasi yang lengket.

4. Jenis kulit

Orang-orang dengan kulit yang sangat kering dan mengelupas atau kulit yang sudah mengalami tanda-tanda penuaan biasanya lebih disarankan menggunakan body cream.

Selain itu, orang yang tinggal di iklim dingin dan kering juga umumnya lebih dianjurkan untuk memakai body cream, karena dapat memberikan kelembapan ekstra.

Sebaliknya, untuk orang-orang dengan kulit normal, kombinasi, atau agak kering, lebih direkomendasikan untuk menggunakan body lotion.

5. Aplikasi dan penyerapan

Perbedaan body cream dan body lotion yang terakhir terletak pada tahapan aplikasi dan kemampuan penyerapannya. 

Karena memiliki konsistensi yang lebih kental dan tebal, body cream biasanya membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menyerap ketika diaplikasikan ke kulit. 

Selain itu, body cream juga umumnya diaplikasikan di area-area tubuh yang membutuhkan kelembapan ekstra, seperti siku, lutut, atau tumit.

Di sisi lain, body lotion lebih mudah diaplikasikan dan bisa menyerap dengan cepat, sehingga praktis untuk digunakan sehari-hari. Biasanya, body lotion digunakan setelah mandi.

Tips Menggunakan Body Cream dan Body Lotion

Supaya penggunaan body cream dan body lotion semakin efektif, pastikan kamu mengikuti tips-tips di bawah ini:

  1. Gunakan setelah mandi di kulit yang agak lembap untuk mengunci kelembapan.
  2. Pastikan kamu mengambil produk secukupnya. Biasanya, kamu hanya membutuhkan sedikit lotion dibanding body cream karena teksturnya lebih ringan.
  3. Aplikasikan ke kulit dengan lembut dari bawah ke atas dengan gerakan memutar agar produk dapat diaplikasikan secara merata.
  4. Body lotion dapat digunakan setiap hari untuk menjaga kelembapan.

Itulah beberapa perbedaan antara body cream dan body lotion yang wajib kamu ketahui untuk memilih produk yang tepat bagi tubuhmu. Pastikan kamu memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit dan tingkat kelembapan yang dibutuhkan oleh kulitmu.

Dengan memilih produk dengan tepat, serta menggunakannya secara rutin, kamu akan dapat menjaga kulit tetap halus, lembut, dan ternutrisi dengan baik. 

Nah, kalau kamu mencari rekomendasi lotion pelembap kulit yang mamu menjaga kelembapan tanpa membuat kulit terasa lengket, Joy Mangosteen Refreshing Body Lotion dari Naturally Speaking by ERHA adalah produk yang wajib kamu coba!

Terbuat dari ekstrak manggis dan mengandung niacinamide, body lotion ini efektif untuk menjaga kelembapan dan menenangkan kulit, serta membuatnya terasa lebih halus, lembut, dan terlindung dari radikal bebas!

Bagikan Artikel
  • Facebook
  • Twitter