Naturally SpeakingNaturally Speaking
product, Mar 2024
Kapan moisturizer digunakan

Tahukah Kamu, Kapan Sebaiknya Moisturizer Digunakan? Cari Tahu Sekarang!

Moisturizer atau pelembap adalah langkah penting dalam skincare routine. Dengan menggunakan moisturizer, kelembapan kulit bisa terjaga. Selain itu, moisturizer juga bisa melawan tanda-tanda penuaan, menjaga skin barrier, dan membuat kulit tampak lebih sehat.

Nah, untuk mendapatkan manfaat pelembap paling maksimal, mungkin kamu bertanya-tanya sebaiknya kapan moisturizer digunakan? Lalu jenis moisturizer seperti apa juga yang cocok untuk kulit kita?

Untuk mengetahui jawabannya, yuk baca artikel ini lebih lanjut!

Manfaat Moisturizer

  1. Menghidrasi dan Melindungi Skin Barrier

Salah satu fungsi pelembap adalah untuk menghidrasi kulit yang kering. Saat kulit kita kering, maka akan lebih rentan terhadap beberapa kondisi, seperti kulit mengelupas, kusam, atau penuaan dini.

Moisturizer atau pelembap mengandung bahan-bahan seperti humectant, emollient, dan occlusive, yang berguna untuk mengunci kelembapan dan mencegah hilangnya air dari dalam kulit.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat pelembap berikutnya adalah untuk mencegah penuaan dini, khususnya garis-garis halus dan kerutan di wajah. Sembari kita bertambah usia, produksi kolagen dan elastisitas kulit berkurang, sehingga kulit tak lagi kencang seperti dulu.

Pelembap yang berkualitas seringkali mengandung bahan-bahan anti-aging, seperti peptide, retinol, dan antioksidan, yang dapat berguna membantu melawan tanda-tanda penuaan.

  1. Menyeimbangkan Produksi Minyak

Banyak orang beranggapan bahwa jika memiliki kulit berminyak, sebaiknya tidak perlu menggunakan pelembap. Padahal, penggunaan moisturizer dapat memberi manfaat besar untuk kulit berminyak.

Dengan menggunakan pelembap, produksi minyak kulit bisa jadi lebih terkontrol, sehingga kulit pun tidak banyak berminyak seperti biasanya, ketika kamu sedang tidak menggunakan pelembap.

  1. Menenangkan Kulit Iritasi

Beberapa moisturizer diperlengkapi dengan bahan-bahan yang bisa menenangkan kulit sensitif atau iritasi. Bahan-bahan tersebut contohnya aloe vera, chamomile, dan calendula.

Bahan-bahan alami di atas memiliki efek antiinflamasi yang dapat menenangkan dan mendinginkan kulit. Jadi, jika kamu memiliki kulit sensitif atau sedang iritasi, pilihlah pelembap dengan bahan-bahan tersebut.

Kapan Moisturizer Digunakan? 

  1. Setelah Membersihkan Wajah di Pagi Hari

Salah satu waktu untuk menggunakan moisturizer yang paling baik adalah setelah membersihkan wajah atau cuci muka di pagi hari. Mencuci muka bisa membersihkan kotoran di wajah, namun terkadang, minyak alami di wajah juga bisa ikut terangkat.

Dengan menggunakan pelembap setelah cuci muka, kamu bisa mengembalikan kelembapan yang hilang, sehingga membuat wajah lebih terhidrasi dan siap untuk menerima produk skincare atau makeup.

  1. Sebelum Menggunakan Makeup

Kalau kamu menggunakan makeup, kamu disarankan untuk menggunakan moisturizer sebelum mengaplikasikan makeup. Kenapa? Ini karena makeup akan lebih mudah di-blend jika kulit terhidrasi dengan baik.

Selain itu, menggunakan pelembap sebelum makeup juga bisa mencegah creasing dan membantu menciptakan hasil akhir yang lebih natural dan dewy. Ingatlah untuk membiarkan pelembap terserap dengan baik ke kulit terlebih dahulu sebelum menggunakan makeup, ya.

  1. Setelah Mandi

Setelah mandi, terutama kalau kamu mandi dengan air hangat, kulit akan lebih mampu menerima hidrasi karena air hangat membantu membuka pori-pori dan menghilangkan sel-sel kulit mati.

Menggunakan moisturizer setelah mandi dapat membantu mengunci air yang terserap oleh kulit selama mandi, sehingga dapat mencegah terjadinya dehidrasi. 

  1. Sebelum Tidur

Malam hari adalah waktu di mana sel-sel kulit melalui proses perbaikan dan regenerasi. Karena itu, kamu direkomendasikan untuk menggunakan pelembap sebelum tidur.

Pilihlah pelembap yang memiliki bahan-bahan seperti retinol, peptide, atau hyaluronic acid untuk mengatasi kondisi kulit tertentu, seperti garis-garis halus atau kerutan, atau kulit kering.

Dengan begini, kamu bisa bangun dengan kulit yang terhidrasi dan kenyal di pagi hari!

  1. Saat Sedang dalam Pesawat atau Ketika Udara Kering

Udara di dalam kabin pesawat atau cuaca yang kering dapat mengurangi kelembapan wajah, sehingga kulit wajah jadi terasa kering dan kusam. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa mengaplikasikan moisturizer.

  1. Saat Sedang Breakout

Pakai pelembap saat kulit sedang breakout rasanya memang agak kurang nyambung. Tapi, sebenarnya, justru pada masa-masa ini kulitmu membutuhkan kelembapan ekstra.

Obat jerawat yang kita gunakan biasanya dapat mengeringkan kulit, dan kulit yang kering juga lebih rentan terhadap permasalahan. Jadi, usahakan tetap mengaplikasikan moisturizer dua kali sehari agar kulit kamu tidak dehidrasi.

Rekomendasi Moisturizer untuk Segala Tipe Kulit

Apakah kamu mencari rekomendasi moisturizer yang cocok untuk segala tipe kulit, mulai dari kulit normal, kering, sensitif, berminyak, atau kombinasi? Bila ya, yuk, coba Caring Avocado Skin Barrier Moisturizer dari Naturally Speaking by ERHA!

Terbuat dari ekstrak buah alpukat dan mengandung bahan-bahan seperti butylene glycol, kolagen, dan centella asiatica, moisturizer ini tidak hanya dapat menjaga kelembapan kulit, tapi juga memiliki sifat antioksidan, menenangkan, serta cocok untuk dipakai segala jenis kulit dari berbagai usia.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, check out produknya sekarang!

Bagikan Artikel
  • Facebook
  • Twitter