Naturally SpeakingNaturally Speaking
tips, Jun 2023
Cara Pakai Hair Mask dengan Tepat

Sudah Tahu Cara Memakai Hair Mask dengan Tepat?

Produk perawatan rambut yang beredar di pasaran itu banyak banget, salah satunya adalah hair mask. Hair mask adalah produk perawatan rambut yang bertujuan untuk memberikan perawatan intensif pada rambut. Kandungan bahan-bahan aktif seperti protein, vitamin, dan oil dapat memberikan nutrisi dan kelembapan pada rambut secara optimal.

Dengan menggunakan hair mask secara rutin, kamu bisa menghidrasi rambut, memperbaiki kerusakan rambut, mengurangi kerontokan rambut, meningkatkan elastisitas rambut, dan membuat rambut lebih sehat, lembut, dan berkilau. Nah, supaya manfaat dari hair mask lebih terasa, pastikan kamu menyimak cara memakai hair mask dengan benar berikut ini, ya!

7 Cara Memakai Hair Mask

Kamu juga ingin merasakan manfaat dari hair mask secara optimal, kan? Berikut beberapa cara memakai hair mask yang perlu kamu ketahui!

1. Pastikan sudah keramas dulu

Keramas sebelum menggunakan hair mask sangat penting karena rambut yang kotor atau berminyak bisa menghalangi penyerapan nutrisi dari hair mask. Dalam kondisi kotor atau berminyak, lapisan minyak rambut bisa membentuk penghalang yang membuat hair mask sulit meresap ke dalam rambut. Akhirnya, manfaat dari hair mask enggak bisa optimal, deh. Karenanya, pastikan rambutmu sudah dalam kondisi bersih dan basah, ya!

2. Jangan kenakan pakaian baru

Jangan kenakan pakaian baru saat menggunakan hair mask, terutama jika hair mask yang digunakan cukup kental atau lengket. Hal ini dilakukan untuk menghindari noda atau kotoran yang menempel pada permukaan pakaian. Coba kenakan baju pelindung khusus saat menggunakan hair mask atau bisa juga membungkus rambut dengan handuk atau shower cap agar hair mask enggak merembes dan mengotori pakaian. 

3. Keringkan rambut hingga lembap

Sebelum menggunakan hair mask, sebaiknya keringkan rambut hingga lembap saja dan jangan sampai rambut 100% kering, ya. Sebab, hair mask lebih mudah menyerap pada rambut yang masih lembap daripada yang sudah kering. Saat rambut dalam kondisi lembap, pori-pori pada rambut terbuka dan lebih bisa menyerap nutrisi dari hair mask dengan baik. Kamu bisa keringkan rambut dengan handuk secara perlahan agar nutrisi dari hair mask bisa meresap sempurna.

4. Bagi rambut menjadi beberapa bagian

Membagi rambut jadi beberapa bagian saat menggunakan hair mask bisa mempermudah proses aplikasi di setiap bagian rambut, apalagi kalau rambutmu panjang dan tebal. Dengan membagi rambut menjadi beberapa bagian, hair mask bisa diaplikasikan dengan lebih mudah dan merata pada setiap bagian rambut. Dengan begitu, setiap helai rambut bisa mendapatkan manfaat yang sama dari hair mask

5. Oleskan pada bagian tertentu dan ratakan dengan sisir

Untuk rambut kering, fokuskan pengaplikasian hair mask pada kulit kepala dan akar rambut. Sebab, biasanya rambut kering disebabkan oleh kurangnya nutrisi pada kulit kepala dan akar rambut. Sementara itu, untuk rambut berminyak, fokuskan pengaplikasian hair mask pada helai rambut karena rambut berminyak biasanya disebabkan oleh produksi sebum yang berlebihan.

Setelah mengoleskan hair mask pada setiap bagian rambut, ratakan dengan sisir atau jari secara perlahan agar hair mask bisa terserap secara merata. Hindari memijat atau menggosok rambut secara kasar karena ini bisa merusak folikel rambut dan menyebabkan kerontokan.

6. Tutupi rambut dengan handuk hangat dan tunggu

Durasi menutup rambut dengan handuk hangat sebenarnya disesuaikan pada jenis rambut dan kondisinya. Untuk rambut yang rusak atau sangat kering, sebaiknya tunggu selama 7 sampai 8 menit agar nutrisi dari hair mask bisa terserap dengan baik. Sedangkan untuk rambut yang normal atau hanya membutuhkan perawatan ringan, sebaiknya tunggu selama 4 sampai 5 menit saja agar rambut enggak lepek.

7. Bilas rambut hingga bersih

Setelah menunggu selama durasi tersebut, bilas rambut dengan air dingin atau hangat hingga bersih dan pastikan enggak ada residu hair mask yang tertinggal di rambut, ya! Usahakan juga jangan menggunakan air yang terlalu panas karena bisa merusak struktur rambut dan membuatnya jadi kering dan rapuh. Setelah bilas rambut, biarkan rambut mengering secara alami.

 

Cara Pakai Hair Mask dengan Tepat bersama Naturally Speaking Slay Kiwi Conditioning Hair Mask

 

Cara pakai hair mask dengan tepat menjadi hal yang penting dalam haircare routine karena kandungannya mampu menjaga kesehatan dan penampilan rambut. Lengkapi cara memakai hair mask yang sudah disebutkan di atas dengan produk vegan yang ramah bagi kulit serta lingkungan, seperti Slay Kiwi Conditioning Hair Mask dari Naturally Speaking by ERHA.

Slay Kiwi Conditioning Hair Mask merupakan produk hair mask yang terbuat dari bahan-bahan alami dan ramah lingkungan serta enggak mengandung bahan kimia berbahaya, seperti paraben dan sulfat. Formula kandungannya juga diperkaya dengan ekstrak buah kiwi yang kaya akan antioksidan dan vitamin C untuk membantu merawat rambut dari akar hingga ujungnya. 

Produk ini mampu memberikan kelembapan, memperbaiki kerusakan, serta membantu mengurangi kerontokan pada rambut. Penggunaan secara rutin juga bisa membuat rambut menjadi lebih lembut, berkilau, dan mudah diatur. Harganya pun cukup terjangkau, apalagi dengan manfaat dan kualitas yang ditawarkan. Yuk, beli sekarang dan dapatkan hybrid conditioning hair mask berkualitas dari ERHA!

Bagikan Artikel
  • Facebook
  • Twitter