Naturally SpeakingNaturally Speaking
tips, Jul 2023
Skin Barrier Adalah Kunci untuk Tampil Glowing, Kok Bisa?

Skin Barrier Adalah Kunci untuk Tampil Glowing, Kok Bisa?

Istilah skin barrier lagi banyak berseliweran di media sosial, terutama kalau kamu aktif mengikuti berbagai tips skincare dan kecantikan. Banyak yang bilang skin barrier adalah elemen penting biar bisa tampil cantik dan flawless secara alami. Kok, bisa begitu? Yuk, kita kenalan sama pentingnya fungsi skin barrier untuk kecantikan!

Cara Kerja Skin Barrier Gimana, sih?

Skin barrier adalah lapisan pelindung kulit yang ada di bagian paling luar. Timbulnya kerusakan pada bagian ini pasti bisa bikin kulit kamu terancam bahaya. Mulai dari kulit kering sampai kulit berjerawat, semuanya mungkin melanda kamu kalau lapisan kulit satu ini enggak dijaga dengan baik.

Lalu, apa aja yang bisa bikin skin barrier rusak? Banyak penyebabnya, bisa dari paparan sinar UV yang terlalu banyak, suhu udara yang terlalu lembap atau kering, salah memilih produk pembersih, terlalu sering mengeksfoliasi kulit, kadar stres terlalu tinggi, sampai kondisi kesehatan lainnya yang sifatnya genetik. 

3 Fungsi Skin Barrier Adalah...

Kalau kamu menjaga skin barrier dengan baik, lapisan ini bisa berfungsi optimal untuk melindungi kulit dari berbagai ancaman. Berikut penjelasan lengkapnya!

1. Menjaga kelembapan alami kulit wajah

Pertama, fungsi skin barrier adalah menjaga kelembapan alami kulit wajah. Kelembapan tentunya jadi faktor penting kalau bicara soal kesehatan kulit. Soalnya, kulit yang kering bisa memicu berbagai masalah kulit lainnya. Nah, skin barrier yang ternyata menampung 60% air ini punya andil besar dalam hal itu.

2. Tameng alami dari radikal bebas

Saat melakukan aktivitas sehari-hari, kamu pastinya bakal terpapar sinar matahari dan polusi. Di sinilah fungsi skin barrier dalam melindungi kulit dari berbagai ancaman tersebut, mulai dari sinar UV sampai polusi yang dapat memicu kulit kering, noda hitam, jerawat, dan masih banyak lagi masalah kulit lainnya.

3. Melindungi wajah dari efek trauma dan infeksi

Kulit kita ternyata rentan dari infeksi dan trauma yang disebabkan oleh benturan maupun goresan, lho. Makanya, lapisan pelindung terluar atau skin barrier ini perlu banget dijaga biar kulitmu terhindar dari risiko infeksi akibat bakteri, virus, maupun jamur serta trauma akibat benturan dan goresan.

Gimana Cara Menjaga Kondisi Skin Barrier?

Sampai sini, kamu pasti jadi makin pengin merawat skin barrier biar kulit bisa terlindungi dari semua bahaya mengancam. Tapi, harus mulai dari mana, ya? Enggak perlu bingung, kamu bisa mulai dengan tiga cara berikut ini!

1. Buat skincare routine yang simpel

Cara menjaga skin barrier yang pertama adalah dengan membuat skincare routine simpel. Kalau kamu baru mau memulainya, basic skincare yang terdiri dari cleanser, moisturizer, dan sunscreen bisa jadi pilihan tepat.

Supaya enggak ragu-ragu saat akan memilih produk skincare routine, kamu bisa lakukan konsultasi ke dokter kulit setempat. Kamu juga bisa beli produk dari bahan organik yang cenderung lebih aman buat pemilik kulit sensitif.

2. Cukupi kebutuhan cairan setiap hari

Selain menerapkan skincare routine, memenuhi asupan cairan dalam tubuh juga penting untuk kamu lakukan, lho! Kamu bisa takar dengan meminum minimal 8 gelas per hari. Kalau ingin hasil yang lebih optimal, mengonsumsi buah yang banyak mengandung air juga bagus untuk dibiasakan. Pilihlah buah seperti semangka, jeruk, dan blewah karena ketiganya memiliki kandungan air yang cukup banyak.

3. Gunakan moisturizer untuk skin barrier dan sunscreen

Bukan cuma merawat kulit dari dalam, kamu juga wajib menjaganya dari luar dengan cara mengaplikasikan sunscreen dan moisturizer untuk skin barrier. Tapi, mungkin beberapa dari kamu bingung mau pakai produk pelembap yang mana. Nah, pakai aja Baby Melon Skin Barrier Serum dari Naturally Speaking by ERHA!

Baby Melon Skin Barrier Serum dari Naturally Speaking by ERHA berkhasiat untuk mencerahkan kulit, menyamarkan flek hitam, menjaga kelembapan dan menenangkan kulit, hingga memberikan efek glowing yang memuaskan.

Cara pemakaiannya juga cukup mudah. Kamu bisa teteskan serum ini ke telapak tangan dan usapkan pada kulit wajah serta leher dengan gerakan memutar. Gunakan secara rutin pada pagi dan malam hari kalau ingin mendapatkan hasil optimal. Enggak perlu khawatir cepat habis karena kamu bisa re-stock dengan harga Rp85 ribu aja!

 

Sudah tahu, kan, kalau skin barrier adalah elemen yang penting banget untuk penampilan keseharianmu? Makanya, pastikan kamu selalu merawatnya secara rutin dengan minum air putih, makan buah, dan menerapkan skincare routine yang tepat! Kalau ingin mendapatkan produk Baby Melon Skin Barrier Serum dari Naturally Speaking by ERHA, kamu bisa klik di sini

Bagikan Artikel
  • Facebook
  • Twitter