Naturally SpeakingNaturally Speaking
tips, Jun 2023
Rekomendasi Hair Care Routine Untuk Rambut Rusak

Rekomendasi Haircare Routine untuk Rambut Rusak

Perawatan rambut adalah hal yang penting dilakukan, terutama buat kamu yang punya permasalahan rambut rusak. Rambut rusak biasanya ditandai dengan beberapa kondisi, seperti kerapuhan, kusam, bercabang, mudah patah, dan sulit diatur.

Penyebabnya bisa karena beberapa faktor, seperti penggunaan produk perawatan yang kurang tepat, paparan sinar matahari secara berlebihan, gaya rambut yang terlalu sering diubah, dan penggunaan alat pengering rambut yang berlebihan.  

Nah, untuk mengembalikan kondisi rambut seperti semula, kamu perlu haircare routine yang sedikit berbeda. Memangnya, seperti apa urutan perawatan rambut yang tepat?

Penyebab Rambut Rusak

Sebelum menuju ke pembahasan mengenai perawatan rambut rusak, perhatikan dulu beberapa penyebab rambut rusak berikut ini.

1. Cat rambut

Cat rambut, khususnya yang menggunakan bahan kimia seperti amonia, peroksida, dan pewarna sintetis, bisa menyebabkan kerusakan pada rambut. Bahan-bahan kimia tersebut berisiko merusak lapisan pelindung alami rambut sehingga rambut jadi kering, rapuh, dan mudah patah. Penggunaan cat rambut yang enggak tepat atau terlalu sering juga bisa menyebabkan kerusakan pada rambut.

Jadi, sebaiknya hindari atau batasi penggunaan cat rambut, ya. Pilihlah produk yang mengandung bahan-bahan alami untuk merawat rambut agar terhindar dari kerusakan.

2. Alat styling yang panas

Alat styling yang menggunakan panas, seperti catok, hair dryer, dan curling iron, bisa merusak rambut jika digunakan secara berlebihan atau kurang tepat. Panas yang terlalu tinggi bisa merusak lapisan pelindung alami rambut sehingga rambut jadi kering, rapuh, dan mudah patah. Lalu, penggunaan alat styling yang panas secara terus-menerus juga bisa mempercepat kerusakan pada rambut. Misalnya, rambut kehilangan kelembapan alaminya sehingga jadi bercabang.

3. Jarang memotong rambut

Jarang memotong rambut memang enggak secara langsung merusak rambut, tapi bisa menyebabkan rambut jadi kusam, bercabang, dan mudah patah. Soalnya, kalau kamu enggak potong rambut secara teratur, sama aja dengan kamu mempertahankan bagian ujung rambut yang sudah rusak. 

Nah, sebaiknya kamu memotong rambut secara teratur, yakni setiap 6 sampai 8 minggu sekali untuk memperbarui ujung-ujung rambut yang sudah rusak dan mencegah kerusakan lebih lanjut. Memotong rambut juga bisa membantu rambut tumbuh dengan lebih sehat dan kuat, lho!

 

Tips Haircare Routine untuk Rambut Rusak

Setelah memahami penyebab rambut rusak, kini saatnya kamu tahu bagaimana tips haircare routine agar rambut rusak bisa kembali sehat. Berikut triknya!

1. Bersihkan rambut dengan shampoo natural yang bagus

Tips pertama, usahakan untuk membersihkan rambut dengan shampoo natural yang bagus. Ada beberapa kandungan pada shampoo natural yang cocok buat rambut rusak, seperti protein yang bantu memperbaiki kerusakan dan menjaga kekuatan rambut, minyak alami (minyak argan, minyak jojoba, dan minyak kelapa) yang melembapkan rambut kering dan rusak, serta ekstrak tumbuhan (kiwi) yang bantu menenangkan kulit kepala dan memperbaiki kerusakan pada rambut.

2. Gunakan hair mask setelah keramas

Hair mask adalah salah satu perawatan rambut yang efektif untuk mengatasi rambut rusak. Penggunaan hair mask setelah keramas bisa bantu melembapkan dan memperbaiki kerusakan rambut. Gunakan hair mask secara teratur, sekitar 1 sampai 2 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.

3. Lengkapi haircare routine dengan hair mask

Melengkapi haircare routine dengan hair mask bermanfaat untuk membuat rambut lebih sehat dan terawat. Berikut adalah tips lengkap haircare routine dengan menggunakan hair mask.

  1. Bersihkan dulu rambut  menggunakan shampoo yang cocok untuk rambut rusak;
  2. Bilas rambut dengan air bersih dan pastikan enggak ada sisa produk yang tertinggal;
  3. Keringkan rambut dengan handuk hingga rambut setengah kering;
  4. Aplikasikan hair mask secara merata pada seluruh rambut;
  5. Fokus pada bagian ujung yang paling sering rusak;
  6. Pijat lembut kulit kepala dan rambut dengan ujung jari untuk bantu penyerapan hair mask;
  7. Biarkan hair mask meresap sekitar 10 sampai 20 menit;
  8. Setelah hair mask meresap, bilas rambut dengan air bersih.

4. Pertimbangkan produk perawatan leave-in

Produk perawatan rambut leave-in, seperti hair oil dan hair serum, bisa menjadi bagian dari haircare routine untuk mengatasi rambut rusak. Produk leave-in tersebut memberikan nutrisi dan perlindungan pada rambut dari kerusakan lingkungan dan panas akibat alat styling.

Hair oil adalah minyak yang dioleskan pada rambut untuk memberikan kelembapan dan nutrisi. Sementara itu, hair serum adalah cairan yang mengandung bahan-bahan, seperti silikon, protein, dan vitamin, yang memberikan nutrisi dan perlindungan pada rambut. 

5. Rutin memotong rambut

Menyambung poin penyebab rambut rusak, rutin memotong rambut juga bisa bantu mengatasi kerusakan rambut dengan cara membuang ujung yang sudah bercabang atau rusak. Rambut yang bercabang atau rusak bisa menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada rambut dan bikin rambut terlihat kusam dan kering. Dengan memotong ujung rambut secara teratur, yakni setiap 6 sampai 8 minggu sekali, kamu bisa bantu menjaga kesehatan rambut dan mencegah kerusakan lebih lanjut. 

6. Ketahui cara menyisir dengan tepat

Cara menyisir rambut dengan tepat adalah memulainya dari pangkal dan perlahan-lahan menuju ke bagian ujung rambut. Pastikan kamu gunakan sisir yang sesuai dengan jenis rambut dan hindari menarik terlalu keras, terutama pada rambut yang basah atau kusut. Jangan lupa juga untuk membersihkan sisir secara teratur untuk mencegah penumpukan rambut atau kotoran, ya!

 

Rambut rusak bukanlah alasan buat merasa insecure. Sebab, dengan haircare routine yang tepat, kamu bisa tampil dengan lebih memukau. Untuk meminimalkan risiko kerusakan lebih lanjut, gunakanlah produk yang kandungannya ramah bagi kulit dan lingkungan, seperti Slay Kiwi Conditioning Hair Mask dan Silky Coconut Moisturizing Hair Serum dari Naturally Speaking by ERHA. 

Slay Kiwi Conditioning Hair Mask mengandung ekstrak kiwi dan jojoba oil yang kaya akan vitamin dan mineral untuk bantu memperbaiki dan mengembalikan kelembapan pada rambut yang rusak. Produk seharga Rp72.000,00 ini mampu merawat rambutmu dengan cara yang lembut dan alami. Sementara itu, Silky Coconut Moisturizing Hair Serum yang dibanderol Rp81.000,00 mengandung minyak kelapa yang kaya akan nutrisi dan vitamin E yang bisa bantu melembapkan dan menghaluskan rambut. 

Dengan menggunakan produk-produk perawatan rambut dari Naturally Speaking by ERHA, kamu bisa merawat rambut dengan aman, tanpa khawatir akan terkena bahan kimia berbahaya. Selain itu, harga yang ditawarkan juga terjangkau dan kualitasnya terjamin. Yuk, rawat rambutmu biar terlihat indah dan bikin kamu selalu tampil percaya diri!

 

Bagikan Artikel
  • Facebook
  • Twitter