Naturally SpeakingNaturally Speaking
product, Feb 2024
moisturizer non-comedogenic

Lihat di Sini Alasan Kenapa Kamu Perlu Pakai Moisturizer Non-Comedogenic

Saat sedang mencari pelembap atau moisturizer yang cocok untuk kulit, mungkin kamu sering melihat artikel atau video yang merekomendasikan untuk menggunakan moisturizer non-comedogenic.

Istilah ini memang cukup sering digunakan dan, khususnya bagi pemilik kulit wajah berminyak dan berjerawat, sering jadi penentu apakah produk skincare tersebut layak dibeli atau tidak. 

Walau begitu, apa sih sebenarnya arti non-comedogenic itu? Dan mengapa sifat non-comedogenic penting untuk moisturizer? Yuk, simak penjelasannya dengan membaca artikel di bawah ini!

Apa itu non-comedogenic?

Non-comedogenic adalah istilah untuk produk-produk yang diformulasikan agar tidak menyumbat pori-pori, sehingga bisa cocok untuk berbagai jenis kulit, termasuk kulit berminyak dan berjerawat.

Umumnya, produk-produk skincare non-comedogenic telah melalui berbagai pengujian untuk memastikan agar mereka tidak berpotensi menimbulkan jerawat atau komedo, seperti blackhead dan whitehead.

Mengapa perlu menggunakan moisturizer non-comedogenic?

Sebelum mengetahui manfaat moisturizer non-comedogenic, penting bagimu untuk mengetahui mengapa pelembap merupakan langkah penting dalam setiap skincare routine.

Kulit adalah organ terbesar yang dimiliki oleh tubuh kita. Kulit juga berfungsi untuk melindungi tubuh dari elemen-elemen eksternal, seperti kuman dan bakteri.

Walau begitu, faktor-faktor lingkungan, cuaca ekstrim, dan aktivitas sehari-hari kita dapat mempengaruhi kelembapan kulit. Untuk itu, kita membutuhkan moisturizer agar kelembapan kulit tetap dapat terjaga.

Moisturizer dapat membantu mengembalikan dan mengunci kelembapan supaya kulit tidak menjadi kering, mengelupas, atau iritasi. Selain itu, pelembap juga dapat mendukung proses regenerasi alami kulit, sehingga kulit tampak lebih sehat dan cerah.

Perlu diketahui bahwa tidak semua pelembap diciptakan dengan formulasi yang sama. Kalau kulit kamu berminyak atau rentan jerawat, maka kamu sangat disarankan untuk memilih moisturizer non-comedogenic.

Manfaat moisturizer non-comedogenic

1. Mencegah breakout

Salah satu alasan kenapa pelembap untuk kulit berminyak dan berjerawat wajib bersifat non-comedogenic adalah karena pelembap ini mampu mencegah timbulnya jerawat atau breakout.

Setiap moisturizer tentu diciptakan dengan formulasi yang berbeda-beda. Ada yang dapat memberikan kelembapan ekstra, namun berpotensi menyumbat pori-pori.

Nah, pelembap non-komedogenik didesain khusus untuk menghidrasi kulit tanpa menyumbat pori-pori sehingga tidak akan menimbulkan atau memperparah jerawat.

2. Cocok untuk segala tipe kulit

Moisturizer non-comedogenic cocok untuk segala tipe kulit, mulai dari kulit berminyak, kulit kering, kulit kombinasi, hingga kulit sensitif.

Karena fleksibel, jenis pelembap ini tentu bisa jadi pilihan aman bagi setiap orang, karena dapat memiliki kulit yang terjaga kelembapannya tanpa perlu khawatir akan timbul jerawat.

3. Ringan dan mudah menyerap

Pelembap non-comedogenic biasanya memiliki tekstur yang ringan dan mudah menyerap, sehingga tidak akan terasa berat atau meninggalkan residu dan sensasi lengket di kulit.

Manfaat ini tentu cocok bagi pemilik kulit berminyak atau kombinasi, karena dapat menjaga kulit agar tetap terlihat matte atau tidak berminyak.

4. Potensi iritasi minim

Pemilik kulit sensitif seringkali sulit menemukan produk skincare yang tidak akan menimbulkan kemerahan, gatal-gatal, atau iritasi.

Kabar baiknya, moisturizer non-comedogenic biasanya dibuat dengan menggunakan bahan-bahan yang ringan sehingga minim potensinya untuk menimbulkan iritasi.

5. Menjaga kesehatan kulit 

Jika kamu menggunakan pelembap yang non-komedogenik secara rutin, maka kesehatan kulitmu akan terjaga dalamjangka panjang. Kondisi ini bisa dicapai karena kamu secara rutin menjaga kelembapan kulit sembari mencegah terjadinya pori-pori tersumbat.

Seiring dengan berjalannya waktu, dan bila dipadukan dengan produk skincare lain yang tepat, kamu bisa melihat bahwa breakout mulai berkurang, tekstur wajah semakin membaik, dan wajah terlihat makin sehat dan bersinar.

Rekomendasi moisturizer non-comedogenic

Nah, kalau kamu mencari pelembab non-komedogenik yang cocok untuk wajahmu, yuk, coba Caring Avocado Skin Barrier Moisturizer dari Naturally Speaking by ERHA!

Pelembap yang terbuat dari ekstrak alpukat ini juga mengandung centella asiatica yang baik untuk kulit, serta butylene glycol yang memiliki sifat non-comedogenic dan hypoallergenic, sehingga minim potensi iritasi, cocok untuk segala jenis kulit, termasuk kulit sensitif dan acne prone!

Nah, dengan manfaatnya yang luar biasa untuk kulit, serta sifatnya yang non-komedogenik, pelembap ini tentu bisa jadi opsi, bukan? Apalagi, harganya juga lebih bersahabat di dompet. Yuk, langsung check out produknya sekarang!

Bagikan Artikel
  • Facebook
  • Twitter