Naturally SpeakingNaturally Speaking
product, Dec 2023
Akibat terlalu sering scrub badan

Jangan Terlalu Sering Scrub Badan, Ini Akibat Terlalu Sering Scrub Badan!

Body scrub adalah salah satu produk yang paling sering digunakan untuk merawat kulit agar tampak bersih bersinar. Ini karena body scrub mampu mengangkat sel-sel kulit mati. Namun, tahukah kamu akibat terlalu sering scrub badan?

Segalanya yang berlebihan memang tidak baik, termasuk scrub badan. Oleh karena itu, yuk, simak dampak negatif yang bisa kamu rasakan jika kamu terlalu sering scrub badan dan ketahui waktu-waktu terbaik untuk scrub badan supaya kamu bisa mendapatkan manfaat terbaiknya!

Manfaat Body Scrub

Sebelum membahas mengenai akibat terlalu sering scrub badan, kamu juga perlu mengetahui manfaat body scrub. Body scrub adalah jenis produk perawatan kulit yang bersifat eksfolian, yang berarti mereka dapat mengangkat sel-sel kulit mati di tubuh kita.

Manfaat body scrub lainnya adalah menghilangkan kotoran yang menyumbat pori-pori, sehingga mencegah timbulnya ingrown hair sehingga tekstur kulit jadi lebih lembut, serta meningkatkan sirkulasi darah, membuat kulit tampak lebih sehat.

Body scrub juga bermanfaat untuk mencegah tumbuhnya ingrown hair atau rambut yang tumbuh di bawa hpermukaan kulit. Hal ini dilakukan dengan cara mengangkat sel-sel kulit mati yang menutup folikel-folikel rambut.

Selain itu, karena body scrub dapat mengangkat sel-sel kulit mati, kulit pun bisa lebih menyerap produk-produk perawatan kulit yang akan kamu pakai selanjutnya. Misalnya, body lotion atau body cream atau body serum, sehingga efektivitas produk-produk tersebut semakin meningkat dan manfaatnya semakin terasa di tubuh kita.

Akibat Scrub Badan Terlalu Sering

1. Mengangkat Minyak Alami Tubuh

Over-scrubbing, atau scrubbing yang terlalu sering, bisa menghilangkan minyak alami yang diproduksi tubuh untuk melindungi kulit. Akibatnya, kulit bisa jadi kering dan terlihat mengelupas.

Hal ini pun juga berpotensi menimbulkan permasalahan-permasalahan kulit, seperti iritasi atau hypersensitivity pada kulit.

2. Iritasi

Beberapa jenis body scrub memiliki tekstur bulir yang besar dan kasar. Jika kamu menggunakan produk seperti ini dan memakainya hampir setiap hari, maka kulit bisa iritasi.

Iritasi kulit dapat muncul dalam bentuk kemerahan hingga gatal-gatal, serta membuat kulit lebih rentan terhadap permasalahan-perasalahan kulit lainnya, misalnya jerawat, kulit mengelupas, dan lain sebagainya.

3. Mengganggu Skin Barrier

Akibat scrub badan yang terlalu sering berikutnya adalah mengganggu atau merusak skin barrier. Skin barrier adalah sebuah lapisan yang berfungsi untuk melindungi kulit. 

Jika lapisan ini terganggu, maka kulit lebih mudah kehilangan kelembapan, semakin rentan terhadap iritasi, serta masalah-masalah kulit lainnya, seperti jerawat.

4. Memperparah Permasalahan Kulit

Jika kamu memiliki permasalahan kulit seperti psioriasis atau eksim, overscrubbing bisa memperparah kondisi-kondisi ini. Bulir-bulir scrub bisa mengiritasi area kulit yang sensitif, sehingga dapat membuat area tersebut jadi lebih parah atau bahkan terluka.

5. Meningkatkan Risiko Timbulnya Jerawat

Siapa sangka bahwa akibat scrub badan terlalu sering justru bisa meningkatkan risiko timbulnya jerawat? Akibat overscrubbing, kulit bisa menjadi kering dan untuk mengatasinya, maka produksi minyak pun akan semakin meningkat.

Karena produksi minyak meningkat, pori-pori pun jadi mudah tersumbat, sehingga berpotensi menimbulkan jerawat di bagian-bagian tubuh, seperti area punggung atau dada.

Waktu Terbaik untuk Scrub Badan

Untuk mendapatkan manfaat terbaik dari scrub badan, maka kamu harus melakukannya dengan benar. Salah satu cara scrubbing yang benar adalah dengan memperhatikan waktu dan menentukan rutinitas body scrub yang tetap.

Sebaiknya, body scrub ataupun scrubbing area tubuh lainnya dilakukan 1 sampai 3 kali dalam seimggu. Kamu juga direkomendasikan untuk scrubbing di hari-hari di mana kamu tidak sedang menggunakan skincare dengan bahan-bahan aktif seperti retinoid.

Kamu juga disarankan mandi dengan air hangat sebelum mulai scrubbing, karena dapat membuka pori-pori dan meningkatkan efektivitas scrubbing.

Ingatlah untuk selalu scrubbing dengan gerakan yang memutar dan lakukan secara perlahan. Hindari menggosok scrub dengan keras atau kasar karena justru dapat membuat kulit menjadi iritasi.

Untuk mendapatkan kulit yang bersih, sehat, dan bersinar, kamu perlu memiliki rutinitas skincare dan body care yang seimbang. Hindari memakai produk secara berlebihan atau produk-produk yang berpotensi mengiritasi kulit dan selalu perhatikan respon kulit kita terhadap suatu produk.

Nah, apabila kamu mencari scrub badan yang efektif namun minim potensi iritasi, yuk, coba Smooth Grapeseed Exfoliating Body Scrub dari Naturally Speaking by ERHA! Terbuat dari biji anggur, beeswax, dan gliserin, body scrub ini memiliki 8x antioksidan alami untuk meningkatkan kesehatan kulit dan dapat membantu menjaga kulit agar tetap lembap dan sehat, minim iritasi.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, langsung check out produknya sekarang!

Bagikan Artikel
  • Facebook
  • Twitter