Naturally SpeakingNaturally Speaking
tips, Feb 2024
Cara Memakai Masker Rambut

Ini Dia Cara Memakai Masker Rambut yang Benar. Ikuti, Yuk!

Masker rambut adalah salah satu produk hair care yang berguna untuk memberikan rambutmu nutrisi ekstra, sehingga bisa semakin sehat dan terawat. Dikemas dengan bahan-bahan kaya manfaat, masker rambut menawarkan beragam manfaat bagi setiap helaian rambut kita.

Namun, untuk mendapatkan manfaatnya, tentu kamu harus tahu cara memakai masker rambut dengan benar, bukan? Jangan sampai efektivitasnya berkurang hanya karena kita kurang tepat menggunakannya.

Maka dari itu, yuk, baca artikel ini untuk mengetahui cara menggunakan hair mask atau masker rambut dengan benar serta beragam manfaatnya untuk rambut kita!

Manfaat Masker Rambut

1. Memberikan hidrasi ekstra

Salah satu manfaat masker rambut yang terpenting adalah kemampuannya untuk memberikan hidrasi ekstra bagi rambut kita. 

Hair mask biasanya diformulasikan dengan bahan-bahan yang bersifat melembapkan, seperti minyak alami, shea butter, dan hyaluronic acid yang dapat masuk ke dalam kutikula rambut, mengembalikan kelembapan, dan mencegah rambut kering. 

Karenanya, tekstur rambut pun dapat terlihat lebih sehat dan rambut juga semakin elastis, sehingga tidak rentan patah atau menjadi bercabang.

2. Memperbaiki rambut rusak

Hampir setiap hari, rambut kita terpapar polusi, styling tools, dan perawatan dengan bahan-bahan kimia yang bisa memiliki dampak buruk terhadap kesehatan rambut, seperti membuat batang rambut jadi rusak atau lemah.

Masker rambut dibuat secara khusus untuk mengatasi permasalahan-permasalahan ini. Pada umumnya, masker rambut dilengkapi dengan bahan-bahan seperti keratin, amino acid, dan vitamin, yang dapat memperbaiki bagian-bagian rambut yang rusak, memperkuat batang rambut, dan meningkatkan kesehatan rambut secara menyeluruh.

3. Membuat rambut halus berkilau

Penggunaan masker rambut secara rutin dapat membuat rambut jadi lebih halus dan berkilau. Ini karena bahan-bahan yang dikandungnya dapat menghaluskan kutikula rambut agar tidak kusut. Manfaatnya, rambut pun juga terlihat lebih bersinar dan tampak lebih sehat.

4. Rambut jadi lebih mudah diatur

Siapa yang seringkali dibuat pusing karena rambut yang kusut? Kamu bisa mengatasinya dengan masker rambut! Ini karena hair mask biasanya mengandung bahan anti kusut sehingga rambut jadi lebih mudah diatur.

Masker rambut bisa membuat rambut jadi lebih halus, sehingga lebih mudah untuk disisir atau ditata, serta meminimalisir potensi rambut patah.

5. Merawat kulit kepala

Sebagian besar masker rambut ditujukan untuk merawat helaian dan batang rambut. Namun, beberapa hair mask yang diperlengkapi dengan bahan-bahan yang baik bagi kulit kepala.

Kulit kepala yang sehat adalah kunci untuk pertumbuhan rambut serta dapat mencegah masalah rambut seperti ketombe dan gatal-gatal. Nah, hair mask dengan bahan seperti tea tree oil, aloe vera, dan peppermint dapat memberikan efek soothing dan menyehatkan bagi kulit kepala. Sehingga, kulit kepala dan rambut bisa lebih terjaga kesehatannya.

7 Cara Memakai Masker Rambut dengan Baik dan Benar

1. Pilih Masker Rambut yang Sesuai

Pertama-tama, pilihlah masker rambut yang sesuai dengan kebutuhan rambutmu. Misalnya, jika kamu memiliki rambut kering, pilih hair mask yang kaya akan bahan pelembap, seperti argan oil atau shea butter.

Untuk rambut rusak, pilih masker yang mengandung bahan-bahan seperti keratin atau protein, yang dapat memperbaiki helaian-helaian rambut yang rusak. Setiap masker rambut memiliki formulasi khusus, jadi pastikan untuk membaca petunjuk dan memilih yang sesuai dengan kondisi rambutmu.

2. Keramas dengan Shampoo

Sebelum menggunakan masker rambut, pastikan bahwa rambutmu sudah bersih dari kotoran dan minyak. Bersihkanlah rambut dengan shampoo yang sesuai dengan jenis rambutmu. Sesudahnya, bilaslah rambut dengan air yang hangat.

3. Aplikasikan Masker Rambut dengan Merata

Saat rambutmu masih basah, aplikasikan hair mask secara merata mulai dari akar hingga ujung. Pastikan untuk fokus pada ujung rambut dan area yang cenderung kering atau rusak.

Kamu bisa menggunakan jari, atau sisir yang giginya jarang untuk memastikan hair mask sudah teraplikasikan secara rata di seluruh rambut. Langkah ini merupakan salah satu langkah penting dalam cara memakai masker rambut dengan benar.

4. Pijat Kulit Kepala

Selain memastikan bahwa masker rambut sudah diaplikasikan secara merata, jangan lupa juga untuk memijat-mijat kulit kepala dengan ujung jari untuk meratakan masker rambut dan membantu merangsang sirkulasi darah.

Dengan begini, kamu bisa membantu penyerapan bahan aktif dalam masker rambut ke dalam kulit kepala dan memberikan manfaat tambahan untuk kesehatan rambut.

5. Biarkan Selama Waktu yang Dianjurkan

Setiap hair mask memiliki waktu yang dianjurkan untuk pemakaian. Biasanya, sekitar 15-30 menit sudah cukup untuk memberikan hasil optimal. Gunakan waktu ini untuk bersantai atau melakukan kegiatan lainnya. 

6. Gunakan Kondisioner (Opsional)

Jika merasa perlu, kamu juga bisa menggunakan kondisioner setelah menggunakan masker rambut. Hal ini dapat membantu menjaga kelembapan dan membuat rambut terasa semakin halus dan lembut.

Itu dia cara memakai masker rambut dengan baik dan benar, sehingga kamu bisa mendapatkan manfaat maksimal dari produk-produk ini. Dengan mengikuti langkah-langkah sederhana ini, kesehatan rambutmu tentu bisa jadi semakin baik dan rambut juga jadi makin kuat. 

Nah, apakah kamu mencari rekomendasi masker rambut terbaik? Bila ya, langsung saja coba Slay Kiwi Conditioning Hair Mask dari Naturally Speaking by ERHA! 

Hair mask ini terbuat dari ekstrak kiwi yang juga dilengkapi dengan panthenol atau provitamin B5, yang berguna untuk mempertahankan kelembapan dan mengurangi kerusakan rambut, serta keratin yang juga berguna untuk memperbaiki dan menguatkan rambut.

Dengan manfaatnya yang luar biasa, tentu masker rambut ini wajib kamu coba, bukan?

Bagikan Artikel
  • Facebook
  • Twitter