Naturally SpeakingNaturally Speaking
tips, Jan 2024
hair care untuk rambut rontok dan ketombe

Lakukan Ini sebagai Hair Care untuk Rambut Rontok dan Ketombe!

Kerontokan merupakan salah satu masalah rambut yang terasa sulit diatasi, sekalipun sudah menggunakan shampoo anti rontok. Tidak hanya rontok saat dirapikan menggunakan sisir atau keramas, rambut bahkan bisa rontok ketika disisir dengan jari. Berbagai rangkaian hair care untuk mengatasi rambut rontok pun dilakukan agar rambut tidak menipis dan mengalami kebotakan.

4 Penyebab Rambut Rontok

Faktor keturunan atau genetik merupakan penyebab paling umum dari rambut rontok. Selain faktor tersebut, terdapat beberapa penyebab rambut rontok lain yang tidak bisa disepelekan. Apa saja?

  • Paparan zat kimia

Rambut dapat rusak oleh zat kimia yang berkontak langsung dengan rambut, seperti pewarna rambut, obat smoothing, dan hair curl cream. Zat kimia yang menempel pada rambut dapat membuatnya menjadi kering, rapuh, dan mudah patah.

  • Panas dari alat styling rambut

Penggunaan alat styling rambut yang menghasilkan panas tinggi dapat membuat rambut menjadi kering, rapuh, dan mudah patah. Hal ini dapat dicegah dengan mengaplikasikan heat protectant sebelum menata rambut menggunakan catokan, pengeriting rambut, dan alat styling lainnya.

  • Stres

Ketika seseorang mengalami stres, tubuh akan melepaskan hormon stres, seperti kortisol. Hormon kortisol ini dapat mengganggu siklus pertumbuhan rambut. Selain itu, stres juga dapat menyebabkan perubahan aliran darah di kulit kepala. Perubahan aliran darah ini dapat mengurangi nutrisi yang dibutuhkan oleh folikel rambut, sehingga rambut menjadi lebih rapuh dan mudah rontok.

  • Ketombe

Ketombe merupakan kondisi kulit kepala yang ditandai dengan pengelupasan kulit kepala yang berlebihan. Masalah ini dapat dialami oleh siapa saja, terutama orang dewasa.

Kenapa Ketombe Membuat Rambut Rontok?

Meski terlihat normal, ketombe ternyata bisa menyebabkan kerontokan rambut parah yang sangat berisiko mengakibatkan penipisan rambut. Lalu, kenapa, sih, orang yang berketombe biasanya akan mengalami kerontokan rambut? Bagaimana hal tersebut dapat terjadi?

Nah, secara umum, terdapat dua hal penyebab ketombe bisa membuat rambut rontok.

1. Iritasi kulit kepala

Ketombe disebabkan oleh jamur Malassezia yang secara alami hidup di kulit kepala. Namun, jamur Malassezia ini bisa membuat kulit kepala menjadi berketombe jika jumlahnya berlebihan. Jamur Malassezia menghasilkan enzim yang dapat memecah minyak alami kulit kepala, sehingga proses ini dapat menyebabkan kulit kepala menjadi kering dan gatal. Menggaruk kulit kepala yang gatal dapat menyebabkan akar rambut menjadi rapuh dan mudah rontok. Hal tersebut terjadi karena garukan pada kulit kepala dapat merusak folikel rambut, yaitu bagian kulit kepala tempat rambut tumbuh.

2. Tertutupnya folikel rambut

Sel-sel kulit mati yang mengelupas dari kulit kepala akibat ketombe dapat menumpuk di kulit kepala dan membentuk kerak, sehingga perlahan menutupi folikel rambut. Hal tersebut dapat menghambat pertumbuhan rambut dan menyebabkan kerontokan. Selain itu, sel-sel kulit mati yang mengelupas juga dapat menyebabkan peradangan di kulit kepala. Peradangan ini bisa menghambat pertumbuhan rambut dan menyebabkan rambut rontok.

Tips Hair Care untuk Rambut Rontok dan Ketombe

Rambut rontok dan ketombe dapat mengganggu penampilan dan kenyamananmu. Kerontokan akibat ketombe ini harus diatasi dengan tepat, karena jika dibiarkan, maka akan timbul masalah rambut lainnya. Yuk, ikuti beberapa tips hair care untuk rambut rontok dan ketombe di bawah ini!

  • Keramas secara rutin dan jaga kebersihan rambut

Keramas secara teratur dapat membantu membersihkan kulit kepala dan menghilangkan sel-sel kulit mati yang dapat menyebabkan ketombe. Keramaslah dengan sampo anti ketombe setidaknya dua sampai tiga kali seminggu. Selain keramas, kamu juga wajib menjaga kebersihan rambut. Bersihkan sisir yang digunakan sehari-hari dan gantilah sarung bantal secara rutin agar jamur tidak berkembang biak.

  • Gunakan masker rambut yang tidak menimbulkan ketombe

Hair mask atau masker rambut dapat membantu merawat kulit kepala secara menyeluruh. Menggunakan masker rambut setelah kondisioner membuat kulit kepala bersih dari kotoran, minyak berlebih, dan sel kulit mati. Pastikan untuk menggunakan masker rambut dengan formula anti ketombe dan bilas masker hingga bersih.

  • Ubah kebiasaan saat menata rambut

Rambut basah lebih rentan rontok daripada rambut kering. Oleh karena itu, hindari menyisir rambut dalam keadaan basah dan sisirlah rambut dalam keadaan kering setelah dikeringkan menggunakan hair dryer. 

  • Gunakan serum untuk rambut rontok

Sebelum mengeringkan rambut menggunakan hair dryer, pastikan rambutmu sudah mendapat perlindungan dari hair serum atau serum rambut. Pilihlah serum rambut dengan formula anti rontok yang mampu meningkatkan pertumbuhan rambut.

Atasi Rambut Rontok dan Berketombe dengan Masker dan Serum Rambut dari Naturally Speaking

Masker dan serum rambut memainkan peran penting dalam mengatasi rambut rontok dan berketombe, sebab itulah penggunaan produk hair care ini tidak boleh diabaikan. Bukan hanya penggunaannya, pemilihan masker dan serum rambut juga tidak bisa dilakukan asal-asalan. Jika kamu sedang mencari masker dan serum rambut yang mampu mengatasi kerontokan dan ketombe, maka Slay Kiwi Conditioning Hair Mask dan Silky Coconut Moisturizing Hair Serum dari Naturally Speaking bisa dijadikan pilihan.

Naturally Speaking Slay Kiwi Conditioning Hair Mask merupakan masker rambut yang terbuat dari ekstrak kiwi. Masker yang diformulasikan khusus untuk mengatasi rambut rusak dan memperkuat akar rambut ini cocok digunakan oleh kamu yang sedang berjuang memerangi kerontokan dan ketombe. Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa menggunakannya satu atau dua kali dalam seminggu. Penggunaan Slay Kiwi Conditioning Hair Mask secara rutin efektif dapat mengurangi ketombe dalam 29 hari. Selain dapat dijadikan solusi bagi kamu yang mencari masker untuk rambut rusak dengan kandungan keratin dan madu, masker rambut ini juga memiliki wangi yang tahan lama dan memberikan sensasi menyegarkan.

Untuk serum rambut, kamu bisa mengandalkan Naturally Speaking Silky Coconut Moisturizing Hair Serum. 10 in 1 hair serum ini terbuat dari minyak kelapa, minyak zaitun, ekstrak jahe dan teh hijau, serta kandungan biotin yang membuatmu bisa merasakan beberapa manfaat serum rambut sekaligus, seperti melembapkan, melindungi rambut dari kerusakan, dan membuat rambut lebih lembut. Berdasarkan uji in vitro, serum rambut ini efektif meningkatkan pertumbuhan rambut sebanyak 1-3%, mengurangi 78% risiko kerusakan rambut akibat penggunaan alat styling rambut, dan mengurangi 19% rambut patah. Gunakan serum pada rambut yang masih lembap dari batang hingga ujung rambut, lalu biarkan selama dua hingga tiga menit agar meresap sempurna sebelum mengeringkan rambut menggunakan hair dryer.


Tertarik mencoba tips hair care untuk rambut rontok dan berketombe serta produk-produk ajaib dari Naturally Speaking? Yuk, segera dapatkan produknya di e-commerce favoritmu dan dapatkan rambut sehat bebas rontok dan ketombe dengan perawatan rutin!

Bagikan Artikel
  • Facebook
  • Twitter