Naturally SpeakingNaturally Speaking
product, Apr 2024
skincare untuk mengecilkan pori-pori

Deretan Skincare Ini Bisa Bantu Mengecilkan Pori-pori! Udah Coba?

Siapa di antara kita yang tidak ingin memiliki kulit wajah yang mulus dan bebas dari masalah pori-pori besar? Pori-pori yang membesar bisa jadi masalah bagi banyak orang, karena selain membuat wajah jadi tampak kurang halus, dapat pula memicu masalah kulit, seperti jerawat dan komedo.

Untungnya, berkat perkembangan industri skincare yang pesat, kini sudah banyak tersedia beragam produk yang dapat membantu mengecilkan pori-pori. 

Namun, seberapa efektifkah produk-produk ini? Yuk, cek rekomednasi skincare untuk mengecilkan pori-pori!

Mengapa pori-pori bisa tampak besar?

Pori-pori kita bisa tampak terlihat besar karena beberapa faktor, termasuk genetik, produksi minyak berlebihan, penumpukan sel kulit mati, dan paparan sinar matahari.

Ketika kulit kita memproduksi minyak, atau ada banyak sel kulit mati yang menumpuk di sekitar pori-pori, maka pori-pori wajah bisa tampak membesar. Selain itu, paparan sinar matahari yang dapat merusak elastin di kulit juga dapat membuat pori-pori tampak lebih besar dari biasanya. 

Faktor usia juga dapat mempengaruhi elastisitas kulit, sehingga pori-pori jadi terlihat lebih besar seiring dengan bertambahnya usia.

Apakah ada cara untuk membuat pori-pori jadi lebih kecil?

Meskipun tidak mungkin benar-benar mengecilkan pori-pori secara permanen, namun ada beberapa langkah yang bisa diambil untuk membantu menyamarkan dan mengurangi penampilan pori-pori. Beberapa langkah yang dapat dilakukan antara lain:

1. Membersihkan wajah secara teratur

Membersihkan wajah dua kali sehari dapat membantu menghilangkan kotoran, minyak, dan sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori dan membuatnya terlihat lebih besar.

2. Menggunakan produk eksfoliasi

Menggunakan produk eksfoliasi seperti asam salisilat atau asam glikolat dapat membantu mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di sekitar pori-pori, sehingga pori-pori terlihat lebih kecil.

3. Menggunakan produk yang mengandung retinoid

Retinoid dapat membantu merangsang produksi kolagen dan mengurangi penampilan pori-pori dengan menyamarkan garis-garis halus dan kerutan.

4. Menggunakan produk berbahan bakar sulfur

Sulfur dapat membantu mengurangi produksi minyak berlebihan dan membantu menyusutkan pori-pori.

5. Melindungi kulit dari paparan sinar matahari

Menggunakan tabir surya setiap hari dapat membantu melindungi elastisitas kulit, yang dapat mengurangi penampilan pori-pori seiring bertambahnya usia.

6. Konsultasikan dengan dokter kulit

Untuk masalah pori-pori yang lebih parah, konsultasikan dengan dokter kulit untuk perawatan dan saran yang lebih lanjut.

Rekomendasi skincare untuk mengecilkan pori-pori

1. Charming Dragon Fruit Face Scrub

Charming Dragon Fruit Face Scrub merupakan scrub wajah dari Naturally Speaking by ERHA. Produk ini terbuat dari ekstrak buah naga, dengan ekstrak kalendula dan niacinamide yang bermanfaat bagi kulit.

Kandungan-kandungan antioksidan dalam scrub wajah ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan kulit. Selain itu, kandungan niacinamide-nya juga mampu membuat kulit jadi lebih cerah serta menyamarkan noda-noda hitam.

Selain itu, scrub wajah juga berguna untuk membersihkan pori-pori dari kotoran dan sel-sel kulit mati, sehingga dapat membantu menyamarkan pori-pori dan membuatnya tampak lebih kecil.

2. Plumpy Pomegranate Sleeping Mask

Selanjutnya, ada Plumpy Pomegranate Sleeping Mask yang mengandung ekstrak pome atau buah delima. Selain ekstrak pome, sleeping mask ini juga diperlengkapi dengan kandungan bahan-bahan natural yang baik bagi kulit. 

Perlu diketahui, sleeping mask ini berguna untuk menghidrasi kulit, sehingga kulit wajah bisa tampak lebih sehat dan tidak kering. Manfaatnya, penampakan pori-pori pun bisa jadi lebih tersamarkan.

Agar kulit semakin sehat, sleeping mask ini juga memiliki sifat antioksidan, sehingga mampu meningkatkan kesehatan wajah dalam semalam!

3. Baby Melon Skin Barrier Serum

Meski memang lebih difokuskan untuk skin barrier atau lapisan pelindung wajah, kamu juga bisa menggunakan Baby Melon Skin Barrier Serum untuk membantu menyamarkan penampilan pori-pori, lho. 

Mengapa? Ini karena skin barrier yang rusak bisa mendorong produksi minyak berlebih. Akibatnya, pori-pori pun bisa terlihat lebih besar. Selain itu, skin barrier yang rusak juga akan lebih rentan terhadap inflamasi, sinar UV, dan radiasi, yang juga berpotensi untuk mempengaruhi penampakan pori-pori wajah.

Karenanya, kamu perlu menjaga kesehatan skin barrier juga, supaya pori-pori tidak tampak besar.

Dengan begitu banyaknya produk skincare yang diklaim dapat membantu mengecilkan pori-pori, penting dipahami mahwa pori-pori tidak dapat benar-benar hilang. Namun, penggunaan produk yang tepat dan perawatan yang konsisten dapat membantu menyamarkan pori-pori dan memperbaiki tekstur kulit.

Selain menggunakan skincare, penting juga untuk menjaga kebersihan kulit dan melindunginya dari sinar matahari. Jadi, gunakanlah tabir surya setiap hari, bersihkan wajah secara teratur, dan eksfoliasi wajah secara rutin supaya kesehatan dan kebersihan wajah dapat tetap terjaga.

Jangan lupa juga bahwa kulit setiap orang berbeda, jadi kamu perlu konsisten dalam merawat kulit dan bersabar untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Apabila masalah pori-pori besar sangat mengganggu, ada baiknya konsultasi ke dokter kulit untuk mendapatkan saran dan perawatan yang lebih spesifik.

 

Bagikan Artikel
  • Facebook
  • Twitter