Naturally SpeakingNaturally Speaking
tips, Jun 2023
Atasi Rambut Rontok Secara Alami

Bagaimana Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan dengan Bahan Alami?

Sebenarnya, rambut rontok adalah hal yang normal karena adanya proses regenerasi helai-helai rambut di kulit kepala. Kamu enggak perlu terlalu khawatir soal kerontokan rambut kalau jumlahnya hanya berkisar antara 50 sampai 100 helai per hari. Tapi, kalau lebih dari itu, kamu perlu mencari cara mengatasi rambut rontok berlebihan dengan bahan alami. Apa yang bisa kamu lakukan?

3 Penyebab Rambut Rontok

Sebelum kamu tahu bagaimana cara mengatasi rambut rontok berlebihan dengan bahan alami, simak beberapa penyebab rambut rontok dan cara pencegahannya berikut ini.

1. Salah merawat rambut

Menyisir rambut saat masih basah, styling dengan alat panas, atau menggosok rambut dengan kuku ternyata merupakan penyebab kerusakan batang rambut yang membuatnya mudah rontok. Saat rambut masih basah, rambut jadi lebih lembut dan rentan terhadap kerusakan. Penggunaan alat styling seperti hair dryer atau catokan juga bisa bikin batang rambut jadi kering dan rapuh. Selain itu, menggosok rambut dengan kuku pun bisa merusak kulit kepala sehingga memicu kerontokan.

Nah, untuk mencegah rambut rontok akibat kesalahan dalam merawat rambut tersebut, coba hindari menyisir rambut saat masih basah. Biarkan rambut kering secara alami atau gunakan handuk lembut untuk mengeringkan rambut. Lalu, batasi pemakaian alat styling atau gunakan produk pelindung rambut terlebih dulu. Terakhir, hindari kebiasaan menggosok rambut dengan kuku dan gunakan sisir yang lebih lembut.

2. Gizi yang tidak mencukupi

Gizi yang tidak mencukupi, seperti kurang protein dan zat besi, bisa menyebabkan rambut rontok. Protein dibutuhkan tubuh untuk membangun jaringan baru, termasuk rambut. Kurangnya asupan protein bisa bikin rambut jadi rapuh dan mudah patah, bahkan rontok berlebihan. Sementara itu, kurangnya asupan zat besi bisa menghambat pertumbuhan rambut.

Untuk mencegah kerontokan rambut akibat kurangnya asupan gizi, kamu bisa konsumsi makanan yang kaya protein, seperti daging, ikan, kacang-kacangan, dan telur. Konsumsi juga makanan yang kaya zat besi, seperti daging merah, hati, sayuran hijau, dan biji-bijian agar regenerasi rambut lebih optimal.

3. Kadar stres yang tinggi

Saat mengalami stres, tubuh akan melepaskan hormon stres, seperti kortisol, yang bisa mengganggu siklus pertumbuhan rambut. Stres juga bisa menyebabkan vasokonstriksi, yaitu penyempitan pembuluh darah, termasuk pembuluh darah di kulit kepala, yang mengganggu pasokan nutrisi dan oksigen ke folikel rambut.

Akibatnya, rambut jadi lebih tipis dan lebih mudah rontok. Untuk mencegah kerontokan rambut akibat stres, kamu bisa mulai mengelola kadar stres dengan cara yang sehat, seperti meditasi, yoga, atau aktivitas fisik yang menyenangkan. 

6 Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan dengan Bahan Alami

Nah, setelah tahu tiga penyebabnya, kira-kira kamu termasuk yang mana, nih? Untuk mengatasi rambut rontok berlebihan dengan bahan alami, coba lakukan beberapa cara berikut ini!

1. Pijat rambut dan kulit kepala

Pijat rambut dan kulit kepala bisa jadi salah satu cara yang efektif dalam mengatasi kerontokan rambut, lho. Sebab, pijatan lembut pada kulit kepala bisa merangsang sirkulasi darah dan bantu pasokan nutrisi ke folikel rambut sehingga bisa memperkuat akar rambut dan mengurangi kerontokan. 

2. Lidah buaya

Lidah buaya bisa bantu mengatasi kerontokan rambut karena mengandung sejumlah nutrisi penting, seperti vitamin A, C, dan E, yang bermanfaat untuk memperkuat rambut dan mencegah kerontokan. Selain itu, lidah buaya juga punya enzim proteolitik yang bermanfaat untuk membersihkan kulit kepala dari sel-sel kulit mati dan mengurangi peradangan pada folikel rambut.

3. Minyak zaitun

Minyak zaitun bisa bantu mengatasi kerontokan rambut karena mengandung sejumlah nutrisi penting, seperti asam lemak, vitamin E, dan antioksidan. Selain itu, minyak zaitun juga bisa melembapkan kulit kepala dan rambut sehingga mengurangi risiko kerusakan dan kerontokan.

4. Ginseng

Ginseng punya sejumlah kandungan aktif, seperti ginsenosida, flavonoid, asam amino, dan vitamin, yang bermanfaat untuk mengatasi kerontokan rambut. Salah satu manfaat ginseng adalah meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala sehingga memperkuat folikel rambut dan mencegah kerontokan. Selain itu, ginseng juga punya sifat antiinflamasi dan antioksidan yang membantu menjaga kesehatan kulit kepala serta melindungi folikel rambut dari kerusakan.

5. Alpukat

Alpukat adalah buah yang kaya akan nutrisi, termasuk lemak sehat, protein, vitamin, dan mineral yang bermanfaat untuk mengatasi kerontokan rambut. Kandungan lemak sehat dalam alpukat, seperti asam lemak omega-3 dan omega-9, bisa bantu jaga kelembapan kulit kepala dan rambut. Sehingga, ini mencegah kerusakan dan kekeringan yang bisa menyebabkan rambut rontok. 

6. Pisang

Pisang merupakan buah yang kaya akan nutrisi, termasuk vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang bermanfaat untuk mengatasi kerontokan rambut. Kandungan vitamin B6 dalam pisang juga bantu meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala. Sementara itu, kandungan vitamin C di dalamnya membantu meningkatkan produksi kolagen yang merupakan protein penting untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut. 

 

Cara mengatasi rambut rontok berlebihan dengan bahan alami ternyata enggak sulit, kan? Kalau dilengkapi dengan pencegahan yang tepat, kamu bisa memiliki rambut yang lebih kuat dan sehat. Kamu juga enggak perlu repot-repot mencari produk haircare yang mengandung semua bahan alami di atas karena kamu bisa mengandalkan Natsu atau Naturally Speaking!

Naturally Speaking merupakan produk perawatan rambut dari ERHA yang terbuat dari bahan-bahan alami, seperti minyak kelapa, ekstrak ginseng, dan ekstrak green tea yang dikenal memiliki banyak manfaat untuk rambut. Salah satu produk yang direkomendasikan adalah Silky Coconut Moisturizing Hair Serum yang diformulasikan khusus untuk menjaga kelembapan dan mengatasi kerontokan rambut.

Kelebihan produk seharga Rp92.000,00 ini adalah adanya kandungan minyak kelapa yang dapat melembapkan, ekstrak ginseng yang mengandung antioksidan, dan green tea untuk mencegah kerusakan akibat radikal bebas. Dengan menggunakan produk perawatan rambut Silky Coconut Moisturizing Hair Serum dari Naturally Speaking by ERHA, kamu bisa dapatkan rambut yang lebih kuat, sehat, dan terjaga kelembapannya secara alami. Yuk, beli produknya sekarang!

 

Bagikan Artikel
  • Facebook
  • Twitter