Naturally SpeakingNaturally Speaking
product, Nov 2023
Fungsi masker wajah

Apa Itu Butter Mask? Yuk, Cari Tahu Fungsi Masker Wajah Terbaru Ini!

Masker wajah memiliki peran penting dalam perawatan kulit wajah. Hal ini karena fungsi masker wajah sangat banyak, mulai dari membersihkan kulit secara menyeluruh, menghidrasi wajah, hingga mengatasi permasalahan kulit tertentu.

Jenis-jenis masker wajah juga beraneka ragam, seperti sheet mask, clay mask, dan yang terbaru, yaitu butter mask. Penasaran apa itu butter mask? Yuk, simak artikel ini untuk mengenal apa itu masker wajah, manfaat, serta jenis-jenisnya!

Apa itu Masker Wajah?

Masker wajah adalah produk skincare yang diaplikasikan di wajah dan memiliki banyak manfaat. Biasanya, masker wajah dibuat dalam bentuk krim, gel, sheet, atau clay

Manfaat masker wajah ada banyak, mulai dari memperbaiki tekstur kulit wajah, membersihkan pori-pori, hingga menenangkan jerawat atau kemerahan. Penggunaan masker wajah secara rutin dapat membuat kulit semakin sehat dan cerah. 

Fungsi Masker Wajah

1. Membersihkan secara mendalam dan perawatan pori-pori

Fungsi masker wajah yang pertama adalah untuk membersihkan wajah secara mendalam. Masker wajah dapat membantu menghilangkan kotoran, minyak berlebih, dan sel kulit mati. 

Karenanya, kulit dapat terasa lebih segar dan pori-pori pun bisa tersamarkan. Penggunaan masker wajah secara rutin bisa membuat kulit wajah jadi lebih cerah dan mengurangi risiko timbulnya jerawat.

2. Meningkatkan kelembapan dan hidrasi

Hidrasi yang cukup adalah kunci kulit sehat dan cerah. Sebagian masker wajah mengandung bahan seperti hyaluronic acid dan gliserin, dapat memberikan kelembapan ekstra bagi kulit serta membantu merawat kulit yang kering atau dehidrasi, sehingga membuat wajah terlihat kenyal dan sehat. 

3. Mengatasi permasalahan kulit tertentu

Produk masker wajah yang ada di pasaran memiliki beragam formulasi atau kandungan, banyak dari mereka juga ditargetkan untuk mengatasi permasalahan kulit tertentu.

Mulai dari jerawat, garis-garis halus, hiperpigmentasi, atau iritasi, pasti ada masker yang dapat mengatasi masalahmu. Misalnya, kulit yang acne-prone bisa mencari masker dengan salicylic acid, kulit yang mengalami tanda-tanda penuaan bisa menggunakan masker dengan kandungan peptide, sementara kulit dengan bekas jerawat atau hiperpigmentasi dapat memakai masker yang mengandung niacinamide

4. Eksfoliasi dan regenerasi kulit

Eksfoliasi sangat berguna untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah munculnya permasalahan seperti jerawat. Beberapa masker wajah dibuat dengan kandungan eksfoliasi, seperti AHA, yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati.

Dengan begini, pori-pori wajah bisa semakin bersih dan regenerasi kulit juga semakin meningkat, sehingga wajah tampak makin mulus. Namun, pastikan untuk tidak mengeksfoliasi kulit secara berlebihan agar tidak mengiritasi kulit.

5. Mencerahkan wajah dan menghilangkan bekas jerawat

Apabila kamu ingin memiliki kulit wajah yang lebih cerah dan menghilangkan bekas jerawat, masker wajah juga bisa membantu. Ada masker yang mengandung bahan seperti vitamin C yang dapat meratakan warna kulit wajah, mencerahkan, serta menghilangkan bekas jerawat. 

6. Relaksasi dan menghilangkan stres

Fungsi masker wajah tidak terbatas pada perawatan wajah saja. Menggunakan masker bisa membuatmu merasa lebih rileks, terutama setelah hari yang panjang. Apalagi, ada banyak masker yang memiliki sensasi mendinginkan atau aroma yang menenangkan, sehingga dapat membuat mood terasa lebih baik. Kamu pun bisa semakin memanjakan dirimu!

Jenis-jenis Masker Wajah

Ada beragam jenis masker wajah yang beredar di pasaran. Fungsi masker wajah juga berbeda-beda tergantung dengan jenisnya. Nah, berikut adalah beberapa jenis dan fungsi masker wajah yang umum ditemukan di pasaran:

1. Clay Mask

Clay mask adalah masker wajah yang terbuat dari clay atau tanah liat, seperti kaolin atau bentonite, yang dapat membantu menyerap minyak berlebih dan kotoran. Karenanya, masker jenis ini cocok untuk kulit berminyak dan acne-prone, serta dapat menyamarkan penampakan pori-pori.

2. Sheet Mask

Sheet mask adalah masker yang terbuat dari lembaran yang direndam dalam serum atau essence. Masker jenis ini lebih praktis dipakai dan bisa memberikan hidrasi hingga mencerahkan wajah.

3. Gel Mask

Gel mask merupakan masker yang memiliki sensasi mendinginkan dan menenangkan, sehingga cocok untuk kulit sensitif atau iritasi. Karena bentuknya gel, masker ini cocok untuk menghidrasi kulit. 

4. Cream Mask

Cream mask umumnya kaya akan kandungan yang bermanfaat serta mampu melembapkan kulit. Seperti gel mask, cream mask cocok untuk kulit kering, atau kulit yang sudah mengalami tanda-tanda penuaan.

5. Butter Mask

Sesuai namanya, butter mask adalah jenis masker yang teksturnya lembut layaknya mentega. Salah satu contoh produk masker unik ini adalah Naturally Speaking Glow Mango Brightening Butter Mask dari ERHA.

Face mask ini terbuat dari ekstrak mangga, dengan 7% active ingredients yang berfungsi untuk menghilangkan minyak dan kotoran serta mencerahkan dan memperbaiki tekstur kulit.

Menambahkan penggunaan masker wajah ke rutinitas skincare kamu dapat membuat wajahmu semakin sehat dan tampak cerah. Dengan menggunakan masker wajah secara rutin, kamu bisa mendapatkan kulit sehat bersinar yang kamu inginkan. 

Pastikan untuk menggunakan masker yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu dan ikuti aturan penggunaan dengan tepat, supaya meminimalisir kemungkinan timbulnya iritasi atau permasalahan kulit lainnya.

Jadi, apalagi yang kamu tunggu? Yuk, manjakan dirimu dengan menggunakan facial mask dan nikmati manfaatnya!

Bagikan Artikel
  • Facebook
  • Twitter