Naturally SpeakingNaturally Speaking
tips, Jul 2023
5 Cara Mudah Cerahkan Kulit Kusam dengan Bahan Alami

5 Cara Mudah Cerahkan Kulit Kusam dengan Bahan Alami

Kulit kusam memang bisa bikin kepercayaan dirimu menurun. Karena itu, wajar kalau kamu bakal mencari berbagai cara untuk mengatasinya, mulai dari perawatan di rumah sampai konsultasi dengan ahlinya. Tapi, sebagai langkah pertama, kamu bisa mencoba mencerahkan kulit badan yang kusam dengan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan. Gimana, sih, tips dan triknya?

5 Tips Mencerahkan Kulit Kusam dengan Bahan Alami

Mencerahkan kulit dengan bahan alami memang bisa jadi cara tepat buat mengatasi kulit kusam. Memangnya, apa aja bahan yang bisa dipakai? Nih, lima di antaranya yang bisa kamu coba!

1. Gunakan minyak alami

Salah satu tips mencerahkan kulit adalah dengan mengoleskan minyak alami ke beberapa bagian tubuh yang kusam. Kamu bisa memilih antara minyak zaitun, minyak kelapa, maupun jojoba oil untuk melakukan perawatan ini. Ketiga jenis minyak tersebut terbukti mengandung asam lemak serta vitamin A dan E yang baik untuk kulit.

Lalu, langkah-langkahnya bisa kamu lakukan dengan mengoleskan minyak dan pijatlah dengan gerakan memutar selama 1 sampai 2 menit. Biarkan minyak meresap ke dalam lapisan kulit dan bilaslah pada keesokan harinya. Disarankan kamu memakainya saat malam hari biar enggak mengganggu aktivitas, ya!

2. Rutin melakukan eksfoliasi

Salah satu penyebab kulit kusam adalah menumpuknya lapisan kulit mati. Padahal, kamu bisa mengatasi hal ini dengan rutin melakukan eksfoliasi. Memangnya, apa itu eksfoliasi kulit? Eksfoliasi adalah proses pelepasan lapisan kulit luar (epidermis) agar kulit lebih cepat mengalami regenerasi.

Kamu bisa melakukan eksfoliasi secara rutin di rumah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami, seperti scrub dari gula pasir dan madu. Caranya adalah campurkan kedua bahan tersebut dan gosokkan pada permukaan kulit selama 4 sampai 5 menit. Butiran-butiran gula tersebut dipercaya bisa mengangkat kulit mati karena sifatnya yang abrasif.

3. Oleskan gel lidah buaya

Mengoleskan gel lidah buaya ternyata juga bisa jadi cara mencerahkan kulit kusam, lho! Lidah buaya memang memiliki kandungan vitamin A dan E yang bagus untuk merawat kesehatan kulit. Sehingga, enggak cuma melembapkan kulit aja, lidah buaya juga bisa bikin kulitmu terlihat halus, kenyal, dan cerah.

Cara pengaplikasiannya adalah kupas dulu bagian luar lidah buaya. Haluskan bagian dalamnya yang mengandung gel sampai halus. Lalu, oleskan pada bagian kulitmu yang kusam dan tunggu hingga mengering selama 10 sampai 15 menit, sebelum dibasuh dengan air bersih. Ulangi rutinitas ini sebanyak 2 sampai 3 kali dalam seminggu biar dapat hasil optimal, ya!

4. Cobalah lulur beras

Siapa bilang kamu enggak bisa lulur pakai bahan alami? Bener banget, kamu bisa pakai lulur beras untuk mencerahkan kulit kusam. Caranya tinggal haluskan butiran beras hingga berbentuk seperti bubuk.

Tambahkan sedikit air biar teksturnya menyerupai pasta dan oleskan pada bagian tubuhmu yang kusam. Kamu bisa mendiamkan lulur selama kurang lebih 60 menit sampai mengering. Lalu, basuh menggunakan air hangat dan miliki kulit halus, cerah terawat berkat bahan alami!

5. Susu murni dan yoghurt

Pemakaian bahan alami seperti susu murni dan yoghurt nyatanya juga bisa bantu kulit terhindar dari kekusaman, lho! Tapi, alangkah baiknya kalau kamu memilih susu murni yang masih mentah.

Untuk mengoleskannya, ambil sehelai kapas dan celupkan ke dalam susu dan yoghurt cair. Kemudian, usapkan pada area kulit kusam dan perhatikan seberapa banyak kotoran yang menempel pada permukaan kapasmu. Kalau ingin dapat hasil maksimal, biarkan susu dan yoghurt meresap ke kulit selama beberapa menit sebelum dibilas, ya!

Ada Body Scrub yang Bagus untuk Mencerahkan Kulit, lho!

Mengatasi kulit kusam dengan bahan alami memang baik karena bisa meminimalkan risiko iritasi pada kulit sensitif. Tapi, kalau cara-cara di atas terlihat kurang praktis, kamu bisa pakai Smooth Grapeseed Exfoliating Body Scrub dari Naturally Speaking by ERHA! Memangnya, apa kelebihan produk satu ini?

Smooth Grapeseed Exfoliating Body Scrub dari Naturally Speaking by ERHA adalah produk body scrub yang bagus untuk mencerahkan kulit. Diperkaya dengan ekstrak anggur asli, body care product ini diklaim bisa memperbaiki tekstur kulit, membuatnya bercahaya, serta memberikan hasil akhir yang kenyal pada kulit.

Harganya juga masih tergolong sangat affordable, kok. Kamu bisa dapatkan Smooth Grapeseed Exfoliating Body Scrub dari Naturally Speaking by ERHA dengan harga Rp80 ribu aja! Setelah itu, jangan lupa untuk gunakan secara rutin sebanyak 2 sampai 3 kali seminggu pada kulit yang sudah dibasahi. Lakukan gerakan memutar, diamkan selama 10 sampai 15 menit, dan lanjutkan dengan penggunaan produk Joy Mangosteen Relaxing Body Lotion biar dapat hasil optimal.

 

Siapa bilang kulit kusam mustahil diatasi dengan bahan-bahan alami? Selain menggunakan bahan-bahan yang ada di dapur rumah, kamu juga bisa pakai body scrub yang bagus untuk mencerahkan utihkan kulit biar hemat waktu. Untungnya, kini sudah ada Smooth Grapeseed Exfoliating Body Scrub dari Naturally Speaking by ERHA yang punya segudang manfaat dengan harga terjangkau dan risiko minim. Buruan dapetin produknya di sini, yuk

Bagikan Artikel
  • Facebook
  • Twitter